Pemkab Lampung Selatan gelar sosialisasi aplikasi Sapda tahun 2023

id lampung, lamsel, kalianda, lampung selatan

Pemkab Lampung Selatan gelar sosialisasi aplikasi Sapda tahun 2023

Pemkab Lampung Selatan gelar sosialisasi aplikasi SAPDA tahun 2023 (ANTARA/HO-Pemkab Lamsel)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah menggelar kegiatan Sosialisasi Aplikasi Sistem Administrasi Pembangunan Daerah (Sapda) tahun 2023.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Lampung Selatan Rosa Resnida, selaku ketua pelaksana kegiatan melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran bagi ASN di dalam penggunaan aplikasi Sapda.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk sebagai sarana pembinaan untuk mewujudkan tertib pelaksanaan dan memahami aplikasi Sapda ini,” ujar Rosa, Selasa (30/5/23).

Lebih lanjut, Rosa menyampaikan, kegiatan sosialisasi aplikasi Sapda yang berlangsung di Aula Rajabasa Kantor Bupati setempat ini diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lampung Selatan.

“Peserta yang hadir saat ini berjumlah 65 orang, diikuti oleh masing-masing OPD dan kecamatan,” ucapnya.

Pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Muhadi menyampaikan, kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan karena untuk dapat memahami dan mengaplikasikan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Kita juga harus mengetahui bahwa Sapda Lampung Selatan mempunyai peranan strategis dalam pembangunan nasional, sehingga perlu dilakukan pembinaan masyarakat guna menumbuhkan pemahaman dan kesadaran akan tugas dan fungsi, serta hak dan kewajiban masing-masing dan meningkatkan kemampuan per triwulan,” ujar Muhadi.

Muhadi menuturkan, lingkup pengaturan pembinaan Sapda ini meliputi bentuk pembinaan, pihak yang dibina, penyelenggara pembinaan, serta pembiayaan yang diperlukan untuk pembinaan dan merupakan suatu kesatuan yang berkesinambungan.

“Oleh karenanya dengan dilaksanakannya sosialisasi aplikasi Sapda hari ini, hendaknya dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan hak dan kewajiban yang perlu untuk dilakukan oleh masing-masing pihak,” tuturnya.

“Sehingga apa yang menjadi tujuan dari penerapan aplikasi Sistem Administrasi Daerah ini dapat sama-sama kita wujudkan di Kabupaten yang kita cintai ini,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan memberikan reward mengenai pengiriman laporan terbaik atau tepat waktu tahun 2023 triwulan I diberikan kepada Dinas Koperasi dan UMKM Lampung Selatan dan Kecamatan Bakauheni.