HK Mengajar wujudkan penanaman karakter di Bengkulu

id hutama karya,HK Mengajar

HK Mengajar wujudkan penanaman karakter di Bengkulu

Suasana penyerahan bantuan saran dan prasarana untuk sekolah yang diserahkan Hutama Karya sebagai bagian dari program HK Mengajar di Bengkulu, Kamis (9/3/2023). (ANTARA/HO-Hutama Karya)

Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) mewujudkan character building atau penanaman karakter pada anak usia sekolah di Bengkulu melalui program HK Mengajar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-62.

“Ini merupakan salah satu upaya pemberdayaan sosial masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan oleh relawan yang merupakan Insan Hutama, serta mewujudkan character building pada anak usia sekolah agar dapat memiliki pola pikir serta perilaku positif dalam hubungan sosial masyarakat,” kata EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Berkolaborasi dengan BUMN Muda Hutama Karya, program HK Mengajar diselenggarakan di beberapa di beberapa provinsi yang berada di Provinsi Bengkulu pada tanggal 8-11 Maret 2023. Secara rinci, di PAUD A Syifa, SMK IT Arsitek Kota Bengkulu dan SMKN 2 Kota Bengkulu.
 

Kegiatan mengajar yang melibatkan 13 relawan itu difokuskan pada penanaman karakter dan pengenalan dunia konstruksi pada siswa tingkat SMK dalam bentuk teori dan praktik secara langsung sehingga para siswa memiliki pengalaman menarik serta gambaran mengenai dunia konstruksi yang lebih luas. Sementara pada tingkat PAUD, materi pembelajaran berupa pengenalan angka dan huruf, mewarnai, serta bernyanyi bersama-sama.

“Rata-rata relawan ini merupakan engineer dari beberapa proyek HK Group, harapannya para siswa mendapatkan bekal yang relevan dari dunia industri profesional sehingga dapat mempersiapkan mereka jika ingin menjadi engineer nantinya,” ujar Tjahjo.

Tjahjo menambahkan bahwa program tersebut memiliki segudang manfaat yang dapat dirasakan tidak hanya bagi masyarakat sekitar, namun juga berperan bagi pengembangan komunitas dan anak-anak dan menumbuhkan konsistensi terhadap continuous learning and improvement sebagai bagian dari budaya dan etos kerja yang harus dimiliki oleh seluruh Insan Hutama.

Selain melakukan program HK Mengajar, Hutama Karya juga memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana yang telah disesuaikan dengan kebutuhan sekolah serta kegiatan mengajar. Diantaranya, alat-alat penunjang pembelajaran seperti APE (Alat Permainan Edukatif) untuk PAUD dan peralatan pembelajaran konstruksi untuk SMK.

Disampaikan Tjahjo, pemberian bantuan tersebut juga. merupakan sebagai bentuk terima kasih atas dukungan masyarakat setempat terhadap percepatan pembangunan jalan tol di Bengkulu yang digarap oleh Hutama Karya.

“Semangat yang kami bawa ini sejalan dengan tema ulang tahun ke 62 Hutama Karya yakni untuk dapat bergerak lebih cepat dengan karya terbaik,” ucapnya.
 

Hutama Karya telah berperan dan berpartisipasi aktif dalam program pendidikan berkualitas di Indonesia. Salah satunya pada Februari 2023 Hutama Karya telah menyalurkan bantuan dukungan beasiswa pendidikan pada 15 putra/i TNI dan Polri di Sumatera Barat.

Program tersebut akan berlanjut pada program Pendidikan lain pada 2023. Seluruh rangkaian HK Mengajar di Provinsi Bengkulu juga telah mengacu pada ISO 26000 sekaligus Sustainable Development Goal (SDGs) No.4 tentang Pendidikan Berkualitas.