PSSI sebut timnas U-20 tunjukkan progres pada tiga laga grup Piala Asia

id pssi,indra sjafri,timnas u20 indonesia ,piala dunia u20 ,piala asia u20

PSSI sebut timnas U-20 tunjukkan progres pada tiga laga grup Piala Asia

Pelatih Timnas U-20 Indonesia Shin Tae Yong (kedua kanan) memberikan instruksi kepada tim asuhannya saat sesi latihan resmi jelang Piala Asia U-20 di Tashkent State Transport University, Uzbekistan, Selasa (28/2/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.

Jakarta (ANTARA) - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menyebutkan, tim nasional U-20 Indonesia menunjukkan progres pada tiga laga Grup A Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan, meski akhirnya gagal melaju ke babak berikutnya.

"Saya melihat ada peningkatan kualitas dari pertandingan pertama, kedua dan ketiga," ujar Indra di Jakarta, Rabu.

 

Performa tersebut, pria asal Sumatera Barat itu melanjutkan, juga tidak lepas dari pendekatan taktik yang dilakukan pelatih Shin Tae-yong.

Pemain dianggap Indra mampu menjalankan taktik Shin dengan baik sehingga mampu menundukkan Suriah 1-0 pada laga kedua dan menahan imbang tuan rumah Uzbekistan tanpa gol pada pertandingan ketiga setelah sebelumnya takluk 0-2 dari Irak pada partai pertama Grup A.

Indra Sjafri pun menyesalkan penampilan timnas U-20 Indonesia yang kurang maksimal saat bersua Irak.

Seharusnya, menurut dia, Indonesia bisa memenangkan laga tersebut. Apalagi, Irak bermain dengan 10 orang sejak akhir babak pertama.

"Saat pertandingan melawan Irak itu ada tiga peluang yang kalau itu gol, saya pikir hasilnya akan berbeda," tutur Indra.

Timnas U-20 Indonesia gagal lolos dari fase grup, tepatnya Grup A, Piala Asia U-20 2023 setelah kalah selisih gol (-1) dari peringkat kedua Irak (+1) walau sama-sama berpoin empat dari tiga laga.

Irak pun lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023 bersama pemuncak klasemen Grup A Uzbekistan yang berpoin tujuh dari tiga pertandingan.

Meski tidak dapat melaju lebih jauh, Indonesia tetap memastikan satu tempat di Piala Dunia U-20 2023 karena berstatus tuan rumah.

Piala Asia U-20 2023 merupakan kompetisi kualifikasi Piala Dunia U-20 2023, di mana empat tim yang mengunci tempat di semifinal berhak mendapatkan tempat di turnamen bergengsi itu.

Piala Dunia U-20 2023 akan dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Sampai saat ini, sudah ada 20 negara, dari total 24, yang dipastikan tampil di Piala Dunia U-20 2023 yaitu Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Fiji, Brazil, Uruguay, Kolombia, Ekuador, Selandia Baru, Inggris, Prancis, Israel, Italia, Slovakia, Gambia, Nigeria, Senegal dan Tunisia.