SDM kesehatan RSUDAM harus bertransformasi

id SDM kesehatan Lampung, kesehatan Lampung, layanan kesehatan, RSUDAM

SDM kesehatan RSUDAM harus bertransformasi

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto saat memberi sambutan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan bahwa sumber daya manusia (SDM) yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM) harus terus bertransformasi memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Sebagai rumah sakit umum daerah, layanan harus diberikan dengan optimal dengan melakukan transformasi di bidang pelayanan," ujar Fahrizal Darminto, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan transformasi pelayanan tersebut tidak hanya dalam pembangunan fasilitas, namun juga dalam peningkatan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan.

"Pelayanan secara langsung harus diberikan optimal dengan menegakkan disiplin SDM kesehatan, di tambah dengan peningkatan kompetensi seperti adanya penambah spesialis dalam melayani masyarakat," katanya.

Dia menjelaskan dengan kedisiplinan SDM kesehatan akan menciptakan pelayanan yang makin memuaskan bagi masyarakat.

"Jadi dari hulu yaitu saat pendaftaran sampai hilir saat penanganan pasien sampai sembuh itu harus dilihat titik lemahnya. Lalu diperbaiki kita harus bertransformasi menjadi lebih baik lagi," tambahnya.

Menurut dia dalam upaya transformasi pelayanan maka perlu fokus dalam tiga hal yakni proses perubahan, perbaikan teknologi dan perbaikan sumberdaya manusia.

"Tiga hal ini harus dilakukan untuk menjadikan rumah sakit ini menjadi yang terbaik, menjadi contoh dan wajah dari pelayanan kesehatan di Lampung," ucapnya.

Ia mengatakan dalam mempersiapkan transformasi tersebut telah dilantik sejumlah wakil direktur baru yaitu Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan yang dijabat oleh Edwin Rusli dan Wakil Direktur Pendidikan, Pengembangan SDM, serta Hukum yang dijabat oleh Elitha Martharina Utari.

"Ini salah satu bentuk transformasi jadi yang tua masuk masa pensiun dan SDM muda harus sudah dipersiapkan sejak dini untuk meningkatkan pelayanan serta inovasi di bidang kesehatan," ucap dia lagi.