Tinggi asap Gunung Anak Krakatau hingga 50 meter di atas puncak kawah

id Serang,gunung anak krakatau

Tinggi asap Gunung Anak Krakatau hingga 50 meter di atas puncak kawah

Dua wisatawan di pesisir Pantai Anyer mengarah pandangan menuju Gunung Anak Krakatau yang berlokasi di Selat Sunda tampak tertutup kabut. ANTARA/Mansur

Serang (ANTARA) -
Tinggi asap Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda antara Banten dan Lampung mencapai 50 meter dan teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi di atas puncak kawah.
 
"Kondisi Gunung Anak Krakatau itu hingga kini masih berstatus siaga Level III dengan radius lima kilometer," kata Jumono, petugas penyusunan pelaporan yang diunggah melalui laman KESDM Badan Vulkanologi PVMBG Pos Pengamatan Pasauran Gunung Anak Krakatau (GAK), Anyer, Kabupaten Serang, Senin.
 
Aktivitas Gunung Anak Krakatau itu dengan ketinggian 157 meter di atas permukaan laut (mdpl) sepanjang Senin (23/1) mulai pukul 12.00 - 18. 00 WIB mengeluarkan asap kawah ketinggian antara 25-50 meter dan teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi di atas puncak kawah.
 
Namun, kondisi Gunung Anak Krakatau secara visual cukup jelas dan tertutup kabut.
 
 
Sedangkan, kegempaan tremor harmonik Gunung Anak Krakatau sebanyak satu kali kejadian dengan amplitudo 21milimeter dan durasi 233 detik.
 
Kegempaan frekuensi rendah sebanyak 9 kali kejadian dengan amplitudo 10-40 milimeter, dan durasi 10-26 detik.
 
Begitu juga hybrid/fase sebanyak satu kejadian dengan amplitudo 25 milimeter, S-P - detik dan durasi 12 detik.
 
Vulkanik dangkal dengan dua kali kejadian dengan amplitudo 7-13 milimeter dan durasi 8 - 11 detik.
 
Sementara mikrotremor/tremor menerus dengan amplitudo 1-13 milimeter dan amp dominan dua milimeter.
 
Selama ini, masyarakat, nelayan, wisatawan dan pendaki dilarang mendekati GAK atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif.
 
Sementara itu, kegiatan ekonomi masyarakat pesisir kawasan Pantai Anyer Kabupaten Serang dan Pantai Carita Kabupaten Pandeglang relatif normal dan tidak terpengaruh adanya erupsi Gunung Anak Krakatau.
 
"Kami seperti biasa saja melaut, namun tidak mendekati kawasan puncak gunung api di Selat Sunda guna menghindari kecelakaan," kata Adun, seorang nelayan khusus ikan cumi di Teluk Labuan Pandeglang.*
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tinggi asap Gunung Anak Krakatau capai 50 meter di atas puncak kawah