Kabupaten Pesisir Barat butuh dermaga khusus nelayan

id dermaga pelabuhan,pesisir barat,dinas perikanan pesisir barat,pelabuhan pesisir barat

Kabupaten Pesisir Barat butuh dermaga khusus nelayan

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat Armen Qodar saat diwawancarai di Krui. ANTARA/Riadi Gunawan

Pelabuhan kan ada beberapa tipe, yang kecil saja pelabuhan pantai gitu.
Pesisir Barat (ANTARA) - Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Barat Armen Qodar mengatakan wilayah Pesisir Barat di Provinsi Lampung membutuhkan adanya dermaga khusus untuk nelayan.

"Kami tidak ada pelabuhan, sekali lagi pelabuhan itu adalah kewenangan pusat karena itu adalah bangunan laut. Beberapa kali kami mengajukan proposal untuk pembangunan pelabuhan," kata Armen Qodar saat diwawancarai di Krui, Kamis.

Menurut dia lagi, supaya dibuatkan pelabuhan kecil saja agar kapal-kapal yang mencari ikan di sekitaran wilayah Pesisir Barat, bisa membongkar hasil tangkapan ikannya di dermaga tersebut.

"Pelabuhan kan ada beberapa tipe, yang kecil saja pelabuhan pantai gitu. Jadi nanti ada kapal-kapal yang mencari ikan di daerah Pesisir Barat, ini mungkin baik dari Bengkulu, Padang, Banten, bahkan dari Jakarta, itu bisa bersandar dan membongkar ikan di sini jadi kehidupan perekonomian di wilayah Pesisir Barat akan bagus dan meningkat," kata dia pula.

Dengan adanya pelabuhan itu, kata dia, maka akan banyak investor yang datang ke Kabupaten Pesisir Barat.

"Mungkin nanti kalau sudah ada pelabuhan, ada yang berinvestasi entah pembangunan, tempat pembekuan ikan atau cold storage, dan lain-lain," ujarnya lagi.

Selanjutnya, kata dia pula, akan diadakan tempat pelelangan ikan. Karena selama ini di wilayah Pesisir Barat belum ada tempat pelelangan ikan.

"Kemudian diadakan tempat pelelangan ikan, jadi nanti ada retribusi untuk pemasukan daerah, katanya pula.
Baca juga: BMKG peringatkan gelombang tinggi Pelabuhan Krui Lampung