Arinal: Terus lestarikan Bahasa Lampung

id Bahasa Lampung, pelestarian bahasa Lampung, bahasa daerah, Pemprov Lampung

Arinal: Terus lestarikan Bahasa Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menghadiri kongres Bahasa Lampung yang pertama dilakukan di daerah itu. ANTARA/Ho-Pemprov Lampung.

Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta semua pihak untuk terus melestarikan penggunaan Bahasa Lampung dalam aktivitas keseharian.

"Pemerintah Provinsi Lampung hingga kini terus berupaya menjaga kelestarian bahasa daerah, khususnya Bahasa Lampung," ujar Arinal Djunaidi saat menghadiri Kongres Bahasa Lampung I, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan upaya pelestarian melalui penggunaan Bahasa Lampung dalam keseharian perlu pula dilakukan oleh semua pihak.

"Diharapkan untuk semua melakukan pembiasaan menggunakan bahasa daerah dan menjadikannya penggunaannya sebagai suatu kebanggaan. Dengan cakupan yang lebih luas yaitu dimulai dari keluarga, sekolah, hingga masyarakat luas, agar bahasa ini tidak punah," katanya.

Menurut dia salah satu upaya yang dapat dilakukan sebagai cara mengoptimalkan kembali penggunaan Bahasa Lampung dapat diperkuat melalui diselenggarakannya Kongres Bahasa Lampung.

"Tentu saja melalui momentum ini saya harapkan menjadi tonggak terhadap pelestarian budaya, bahasa dan aksara Lampung. Sehingga masyarakat luas bisa mengenal dan menggunakan Bahasa Lampung," ucap dia.

Dia mengharapkan dalam upaya melestarikan Bahasa Lampung melalui dilaksanakannya kongres tersebut dapat dirumuskan strategi untuk menggali, memelihara, dan mengembangkan bahasa daerah.

"Kebudayaan merupakan indikator yang mencirikan tinggi atau rendahnya martabat dan peradaban suatu bangsa. Kebudayaan tersebut dibangun oleh berbagai unsur, seperti bahasa, sastra dan aksara, kesenian dan berbagai sistem nilai yang tumbuh dan berkembang. Jadi jangan kita lupakan penggunaan bahasa daerah," kata dia lagi.