Pemprov Lampung segera gelar pasar murah

id Stabilitas harga, harga jelang HKBN, pasar murah, Disperindag lampung,Ekonomi Lampung

Pemprov Lampung segera gelar pasar murah

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Umihanni saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung segera menggelar pasar murah menjelang akhir tahun untuk menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok.

"Tujuannya dilaksanakannya pasar murah ini adalah mencoba untuk mempengaruhi, menstabilkan, dan mencegah adanya permainan harga di pasaran," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Umihanni, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan keberadaan pasar murah tersebut bertujuan untuk menjaga pergerakan harga pangan dan menyediakan bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

"Jadi memang menjelang hari besar keagamaan nasional ini harga perlu diawasi dengan baik," katanya.

Menurut dia, nantinya pelaksanaan pasar murah untuk pengendalian inflasi ini juga akan dilakukan di sejumlah pasar tradisional di Kota Bandarlampung.

"Menurut BPS, 80-85 persen yang menyumbang inflasi di Lampung ditentukan oleh aktivitas di Bandarlampung. Maka nanti akan diadakan di sini dan biasanya diadakan di pasar," tambahnya.

Dia melanjutkan komoditas yang akan disediakan dalam pasar murah tersebut adalah berbagai komoditas yang harganya berisiko naik seperti bawang merah, cabai, beras medium, telur dan beberapa komoditas lainnya.

"Untuk jumlah pasti yang akan disalurkan dalam pasar murah masih dalam perhitungan, namun pastinya komoditas yang berisiko naik setiap hari besar keagamaan akan diturunkan saat pasar murah," ucap dia.

Ia menjelaskan nantinya pasar murah tersebut akan menggunakan skema subsidi.

"Stok tidak ada masalah hanya saja memang menjelang hari besar keagamaan dan akhir tahun permintaan meningkat jadi harganya naik. Sehingga kita upayakan untuk stabilkan kembali harga di pasaran," katanya.