Antisipasi gangguan Kamtib, petugas pengamanan Lapas periksa senjata api

id Lapas rajabasa, napi lapas rajabasa, pemeriksaan senjata lapas

Antisipasi gangguan Kamtib, petugas pengamanan Lapas periksa senjata api

Petugas Lapas saat melakukan pemeriksaan senjata api. (Antaralampung/ho)

Bandarlampung (ANTARA) - Petugas pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Bandarlampung melakukan pemeriksaan beberapa senjata dalam mendukung tugas fungsi pemasyarakatan.

"Ini kami lakukan merupakan salah satu deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban salah satunya dengan pemeriksaan dan perawatan senjata api," kata Kepala Pengamanan Lapas Kelas IA, Wahyudi di Bandarlampung, Rabu.

Dia melanjutkan perawatan senjata api terus dilaksanakan dalam waktu minimal per tiga bulan. Pemeriksaan dan perawatan senjata selain mengantisipasi deteksi dini Kamtib juga untuk meminimalisir tidak berfungsi nya senjata dalam mendukung tugas pengamanan.

"Ini harus dilakukan secara rutin untuk memastikan senjata siap digunakan. Pemeriksaan ini juga kita menyambut Natal dan Tahun Baru untuk mengantisipasi potensi gangguan Kamtib," kata dia.

Pengecekan senjata api dimulai dengan melakukan pengecekan bagian luar senjata api. Kemudian dilanjutkan dengan membongkar senjata api untuk memeriksa seluruh isi dari komponen-komponen senjata api secara teliti.