Dompet Dhuafa Waspada salurkan bantuan pangan di posko banjir Deli Serdang

id Dompet Dhuafa Waspada, Banjir di Deli Serdang

Dompet Dhuafa Waspada salurkan bantuan pangan di posko banjir Deli Serdang

Dompet Dhuafa Waspada salurkan bantuan pangan di posko banjir Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumut. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Waspada menyalurkan bantuan pangan untuk dimasak di dapur umum.
Deli Serdang (ANTARA) - Sembilan dusun di Desa Paluh Manan, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara terendam banjir pada Rabu, 23 November 2022. Sebanyak 900 KK tinggal di dusun ini.

Akibat banjir, warga tidak dapat memenuhi kebutuhannya, sehingga harus bergantung pada posko dapur umum di Kecamatan Hamparan Perak.

Menanggapi hal tersebut, Dompet Dhuafa Waspada menyalurkan bantuan pangan untuk dimasak di dapur umum.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada Sulaiman, saat ikut turun langsung ke lapangan menyampaikan bahwa sebelumnya pihak Dompet Dhuafa Waspada sudah berkoordinasi kepada kepala desa terkait kebutuhan yang diperlukan.

"Kami masih terus komunikasi sama kepala desa, tadi terakhir mereka butuh gas untuk masak. Kami juga berikan sesuai apa yang mereka butuh seperti tadi kehabisan kertas bungkus nasi, maka kami berikan. Kemudian ada juga telur, minyak makan, dan roti,” ujar Sulaiman. 

Sulaiman mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi terkait apalagi kebutuhan yang diperlukan.

“Mudah-mudahan ini bisa membantu meringankan beban saudara kita yang terkena musibah banjir. Kami pun juga tidak bosan untuk mengajak sama-sama membantu saudara kita yang tertimpa musibah dengan mengirimkan bantuannya melalui Dompet Dhuafa Waspada,” katanya pula.

Tidak hanya menyalurkan bantuan logistik, Dompet Dhuafa Waspada juga menurunkan empat orang relawan di posko dapur umum.

Atas bantuan yang diberikan, mewakili warga, Kepala Desa Paluh Manan, Nasrul mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. “Ini sangat meringankan kami yang terkena musibah, karena ada banyak sekali warga yang rumahnya terendam banjir,” ujarnya lagi.

Ia berharap  semoga kondisi bisa kembali normal.

“Semoga ini tidak berlangsung lebih lama lagi, karena sudah lima hari. Kasihan mereka, semoga bisa lekas kembali ke rumah masing-masing,” katanya mengharapkan.

Sejauh ini ketinggian air tidak menentu. Saat siang hari, banjir perlahan surut, namun di kala sore hari air pun mulai kembali naik seiring dengan pasang surutnya air laut. 

Untuk aksi respons bencana ini, Dompet Dhuafa Waspada menerima bantuan dari masyarakat luas yang ingin turut serta membantu. 


TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
Baca juga: Tim LPM Dompet Dhuafa bantu evakuasi penyintas gempa Cianjur
Baca juga: Dapur Keliling Dompet Dhuafa hadir di lokasi pengungsian gempa bumi Cianjur