Bupati Lampung Selatan launching inovasi Disdukcapil Jebolan Akper Manis

id lampung, lamsel, lampung selatan, kalianda

Bupati Lampung Selatan launching inovasi Disdukcapil Jebolan Akper Manis

Bupati Lampung Selatan launching inovasi Disdukcapil Jebolan Akper Manis. ANTARA/HO-Pemkab Lamsel

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Selatan kembali menghadirkan Inovasi Pelayanan Jemput Bola Administrasi Kependudukan Akta Perkawinan Masyarakat Non Islam atau yang disingkat “Jebolan Akper Manis”.

Acara yang dihadiri dan dilaunching langsung oleh Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto tersebut bertempat di Balai Desa Tri Darma Yoga,  Kecamatan Ketapang, Selasa (22/11).

Inovasi ini dihadirkan oleh Disdukcapil Lampung Selatan dilatarbelakangi oleh banyaknya penduduk yang belum memiliki akta perkawinan serta masalah teknis seperti jarak tempuh yang terlalu jauh, ketidakpahaman serta waktu.

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lampung Selatan Edy Firnandi dalam paparannya menyampaikan manfaat memiliki akta perkawinan untuk memberikan keabsahan atas adanya pernikahan.

“Selain itu juga memudahkan birokrasi, memastikan istri mendapatkan haknya, memastikan anak-anak mendapatkan kesejahteraan serta memudahkan kepengurusan hak asuh anak,” katanya lagi.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atas inovasi layanan kependudukan yang telah dihadirkan, sehingga mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan.

“Saya mengapresiasi Inovasi Jebolan Akper Manis ini, semoga bapak ibu sekalian terbantu dengan berbagai layanan kependudukan yang ada baik layanan jemput bola atau layanan online yang ada di Disdukcapil Lampung Selatan,” ujarnya pula.

Dia juga mengatakan, dokumentasi kependudukan merupakan suatu hal yang sangat penting dan tidak dapat dikesampingkan terlebih dengan situasi dunia yang saat ini sudah melek digital, maka masyarakat harus terbiasa dengan sistem yang cepat.

“Maka dari itu, dengan hadirnya layanan Disdukcapil ke desa-desa yang merupakan suatu sistem percepatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, agar masyarakat dapat mudah mengurus segala dokumen kependudukan tanpa harus jauh-jauh dan antre ke kantornya,” ujarnya.

Nanang menerangkan, banyak sisi positif yang dapat kita ambil dari dampak ada COVID-19 yang selama 2 tahun melanda Indonesia, salah satunya Kabupaten Lampung Selatan.

“Jadi COVID-19 itu juga ada dampak positifnya, karena banyak melahirkan inovasi-inovasi dan kreativitas seperti yang dilakukan oleh Disdukcapil ini. Mereka banyak membuat program dengan akses digital untuk dapat lebih dekat dengan masyarakat tanpa harus bertemu tatap muka dan berjalan hingga saat ini itu luar biasa,” katanya lagi.

“Untuk itu, saya selaku Bupati Lampung Selatan meminta kepada seluruh kepala desa untuk dapat berkoordinasi dengan camatnya di
masing-masing desa dan nantinya camat langsung berkoordinasi dengan Kepala Dinas Capil untuk melaksanakan program layanan kependudukan di desa agar masyarakat dapat melakukan tertib administrasi kependudukan,” kata dia.

Usai memberikan sambutan, Nanang Ermanto melakukan pemukulan gong sebanyak 2 kali sebagai bukti inovasi Jebolan Akper Manis resmi pemanfaatannya untuk pelayanan administrasi kependudukan masyarakat serta dilaksanakan penyerahan akta pernikahan secara simbolis.

Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2022