Disdukcapil Lampung: 6.000 ASN telah miliki identitas digital

id Identitas digital, Disdukcapil Lampung, ASN Lampung, KTP digital

Disdukcapil Lampung: 6.000 ASN telah miliki identitas digital

Ilustrasi- Penggunaan identitas digital oleh salah seorang warga Kota Bandarlampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Dalam tahap awal ini menyasar ASN, akademisi, sedangkan untuk masyarakat akan dilakukan setelah diluncurkan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri, ucapnya
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Lampung mengatakan sebanyak 6.000 aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu telah memiliki identitas digital.

"Identitas digital ini merupakan salah satu bentuk transformasi dari KTP konvensional ke digital," ujar Kepala Disdukcapil Provinsi Lampung Achmad Sefulloh di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan dalam tahap uji coba yang akan migrasi ke identitas digital dimulai dari ASN di Pemerintah Provinsi Lampung.

“Saat ini uji coba akan dilakukan kepada ASN di Pemerintah Provinsi Lampung dulu yang berjumlah 15 ribu orang, dan saat ini yang mendaftar baru sekitar 6.000 orang atau sekitar 40 persen,” tambahnya.

Ia melanjutkan, ditargetkan pada akhir November 2022 seluruh ASN di lingkungan tersebut memiliki identitas digital.

“Dalam tahap awal ini menyasar ASN, akademisi, sedangkan untuk masyarakat akan dilakukan setelah diluncurkan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri,” ucapnya.

Menurut dia, melalui penggunaan identitas digital tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam setiap kepengurusan administratif.

“Penggunaan ini akan lebih mudah terutama saat kita melakukan kegiatan yang perlu menunjukkan kartu identitas tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, karena tinggal membuka gawai dan menunjukkannya kepada petugas,” kata dia.