Bapak dan anak tertimbun longsor

id Tanah Longsor ,Bapak dan Anak Tertimbun Longsor ,Kabupaten Sukabumi ,BPBD Kabupaten Sukabumi,Tim SAR Gabungan,Longsor Lampung

Bapak dan anak tertimbun longsor

Tim SAR gabungan saat melakukan evakuasi korban tertimbun longsor di Kampung Cibunar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (23/10/2022). (ANTARA/Aditya Rohman) 

Sukabumi (ANTARA) - Bencana longsor tebing terjadi di Kampung Cibunar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu, menyebabkan satu rumah rusak berat serta bapak dan anak penghuni rumah tersebut tertimbun longsor.

"Dua korban yang tertimbun longsor tersebut yakni Yayan (47) dan M. Fauzi (19). Untuk Fauzi, sempat dinyatakan hilang saat kejadian. Namun setelah tim SAR gabungan tiba di lokasi dibantu warga sekitar berhasil menyelamatkan Yayan, Fauzi meninggal dunia," kata Sub Koordinator Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Medi Abdul Hakim, Minggu.

Informasi yang dihimpun dari tim SAR gabungan, bencana tanah longsor yang terjadi di RT 19, RW 05, Desa/Kecamatan Kadudampit pada Minggu sekitar pukul 00.30 WIB tersebut awalnya sempat turun hujan gerimis.

Diduga tebing tanah  setinggi sekira tujuh meter yang berada di belakang rumah korban kondisinya semakin labil, hingga akhirnya longsor karena hampir setiap hari diguyur hujan deras.

Awalnya, warga sekitar tidak mengetahui adanya longsor. Namun, setelah mendengar teriakan berulang kali dari Yayan, warga kemudian terbangun dan melihat rumah korban kondisinya sudah tertimbun longsor.

Warga langsung memberikan bantuan dengan alat seadanya dan menghubungi Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kadudampit.

Yayan berhasil diselamatkan tim SAR gabungan pada pukul 02.00 WIB dengan kondisi luka berat dan langsung dilarikan ke RSUD Sekarwangi Cibadak, Kabupaten Sukabumi.
Sementara itu, jasad Fauzi baru ditemukan sekitar pukul 07.30 WIB dalam kondisi meninggal dunia karena tubuhnya tertimbun tanah dan puing-puing rumah. Jenazah Fauzi kemudian dievakuasi ke RSUD Sekarwangi.

Istri Yayan selamat dari bencana tersebut karena saat kejadian sedang menginap di rumah saudaranya.