Dua tahun terhenti, Penerbangan Padang-Kuala Lumpur resmi beroperasi kembali

id penerbangan internasional, bandara minangkabau

Dua tahun terhenti, Penerbangan Padang-Kuala Lumpur resmi beroperasi kembali

General Manager AP II Cabang BIM Siswanto (dua kiri) bersama Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda (Tengah) melihat prosesi pelepasan keberangkatan perdana penerbangan International Ruta Padang-Kualalumpur, Sabtu (1/10/2022). (Antara/Fandi Yogari)

Padang Pariaman, Sumbar (ANTARA) - Bandara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman, Sumatera Barat resmi melayani kembali penerbangan internasional rute Padang-Kuala Lumpur pada Sabtu setelah dua tahun terhenti akibat pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah pada hari ini bertepatan dengan peringatan HUT Provinsi Sumatera Barat ke -77, penerbangan pertama Air Asia rute Padang-Kuala Lumpur resmi beroperasi," kata Eksekutif General Manager Bandara Internasional Minangkabau Siswanto di Padang Pariaman, Sabtu.

Pada penerbangan perdana itu sebanyak 135 penumpang tiba dari Malaysia dan 105 orang berangkat dari Padang menuju Kuala Lumpur.

Ia mengatakan saat masih dilayani satu maskapai, mudah-mudahan ke depan jika bagus mungkin ada maskapai lain yang akan menyusul.

"Kalau melihat kondisi sebelumnya memang ada beberapa penerbangan internasional di Padang, seperti Padang-Singapura dan juga penerbangan umrah langsung dari Padang ke Jeddah," ujarnya.

Sementara Kepala Otoritas Bandara Wilayah VI Endah Purnama Sari bersyukur dengan kembali dibukanya penerbangan internasional.

"Ini adalah momen yang baik setelah COVID-19 melandai, semoga maskapai lain juga membuka penerbangan internasional," kata dia.

Sejalan dengan itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda mengatakan ini merupakan kado terindah bagi Sumbar karena bertepatan dengan hari ulang tahun sumbar ke-77.

"Akhirnya Bandara Internasional Minangkabau dibuka juga sebagai entry poin kedatangan luar negeri," kata dia.