Indah pejudo asal Kota Metro bangga raih medali perak International Judo Championship

id judo lampung, thailand judo championship, medali perak

Indah pejudo asal Kota Metro bangga raih medali perak International Judo Championship

Indah pejudo asal Kota Metro bangga raih medali perak International Judo Championship (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Pejudo Indonesia asal Kota Metro, Lampung Indah Permatasari yang saat ini menjadi salah satu atlet Pelatnas SEA Games, mengaku bangga meraih medali perak pada Thailand International Judo Championship di Chiang Mai.

Indah di tim Indonesia menjadi salah satu pejudo peraih medali pada Thailand International Judo Championship berlangsung di Chiang Mai, pada 22-26 September 2022.

Delapan pejudo Indonesia yang dikirim ke kejuaraan itu, semua mendapatkan medali dengan rincian 4 medali emas, 3 medali perak dan 1 perunggu. Dari tiga medali perak itu salah satunya dipersembahkan oleh Indah Permatasari di kelas +78 kg.

“Alhamdulillah semua dari Indonesia mendapatkan medali di sana. Dan aku senang meski tak mendapat emas,” kata Indah di Bandarlampung, Jumat.

Dalam skema pertandingan di kelas +78 Kg, lawan-lawan Indah Permatasari tergolong berat yakni pejudo berpengalaman diantaranya dari Uni Emirat Arab, Vietnam dan Malaysia.

“Lawan semuanya berat mas, tapi yang terberat dari Malaysia dan Vietnam. Di final saya bertemu pejudo Malaysia dan saya harus kalah,” jelasnya.

Menurut Indah lawan beratnya pejudo asal Vietnam ini dahulu pernah mengalahkan seniornya, Livia Susanti diajang yang sama . Tapi dalam kesempatan ini, Indah mampu mengalahkan pejudo asal Vietnam tersebut.

"Untuk menghadapi pejudo asal Vietnam ini, saya telah mempersiapkan mental dengan baik selain latihan yang disiplin dan serius. Hal ini yang selalu ditanamkan kepada kami oleh Sinsei untuk selalu disiplin dan bermental kuat,” kata mahasiswi semester 7 di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Metro itu. 

Pelatih Judo Lampung Erliyanto sebenarnya Indah sudah masuk tim Indonesia di SEA Games Hanoi tahun lalu. Namun karena kelas +78 kg tidak dipertandingkan di Vietnam, maja Indah terpaksa tidak diberangkatkan ke SEA Games 2021 itu.

Namun, lanjutnya, Indah kembali dipanggil ke Pelatnas setelah meraih medali emas di Kejurnas Piala Menpora di Cilodong beberapa bulan lalu. 

"Mohon doanya, Indah bisa terus mempertahankan prestasinya terutama juga untuk target PON Sumut dan Aceh," tambahnya.