OAIL Itera buka pengamatan bulan untuk umum di Pekan Kebudayaan Lampung

id Lampung,Bandarlampung,Itera

OAIL Itera buka pengamatan bulan untuk umum di Pekan Kebudayaan Lampung

teleskop yang akan digunakan oleh OAIL Itera pada Pekan Kebudayaan Lampung, untuk masyarakat umum mengamati bulan dan benda-benda angkasa. Kamis, (29/9/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Tiga teleskop yang akan digunakan adalah jenis Barride (manual), Meade (otomatis), dan Binokuler, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) membuka pengamatan bulan untuk masyarakat umum guna memeriahkan "Pekan Kebudayaan Lampung" yang berlangsung sejak 24 September hingga 1 Oktober 2022 di PKOR Way Halim Bandarlampung.

"Pengamatan bulan akan dilangsungkan pada Sabtu (1/10) mulai pukul 16.00 - 21.00 WIB (UTC+7)," kata Kepala OAIL Institut Teknologi Sumatera (Itera) Dr. Hakim L. Malasan, M.Sc, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan dalam kegiatan ini, OAIL Itera akan menyediakan tiga buah teleskop yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk mengamati bulan. 

"Tiga teleskop yang akan digunakan adalah jenis Barride (manual), Meade (otomatis), dan Binokuler," kata dia.

Menurutnya, melalui teleskop yang disediakan oleh OAIL Itera, pengunjung dapat mengamati bulan dan benda langit lainnya, seperti planet Saturnus, Jupiter, berbagai macam gugus bintang, dan bintang ganda.

"Kegiatan pengamatan bulan yang dibuka untuk umum tersebut bertujuan mengenalkan bulan dan tata surya kepada masyarakat Lampung yang berkesempatan untuk hadir dalam Pekan Kebudayaan Lampung 2022," ujarnya.

Ia mengungkapkan dalam kesempatan tersebut, OAIL juga akan menghadirkan narasumber dari Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan, Achmad Zainur Rozzykin, M.Si, sehingga selain mengamati bulan dan berbagai objek luar angkasa, masyarakat juga dapat mendapatkan penjelasan secara keilmuan. 

"Kami juga mengajak secara umum masyarakat Lampung untuk datang ke event ini, terutama pelajar dan mahasiswa, serta berbagai kalangan termasuk kalangan adat, pesantren, dan masyarakat umum,” katanya.

Momentum OAIL membuka pengamatan di luar lingkungan kampus ini menjadi bagian dari peringatan International Observe the Moon Night 2022.