Itera dan Universitas Trisakti jalin kerja sama

id Lampung, Itera, Kampus, Perguruan tinggi, universitas

Itera dan Universitas Trisakti  jalin kerja sama

Itera dan Universitas Trisakti sepakat jalin kerja sama tri dharma pendidikan (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) dan Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta menjalin kerja sama dalam bidang pelaksanaan Tri Dharma Pendidikan Tinggi, meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat bersama, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, hingga pertukaran pelajar melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kesepakatan kerja sama Itera dan Usakti ditandai dengan pendandatanganan nota kesepahaman bersama (MoU) oleh Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha dan Rektor Usakti Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, di Kampus Itera, Lampung, Rabu (21/09/2022).
 
Hadir dan menyaksikan penandatanganan MoU itu adalah Wakil Rektor I Usakti, Prof. Ir. Asri Nugrahanti, MS, PhD, IPU., dan Wakil Rektor II Dr. Khomsiyah, Ak, CA, FCMA, CGMA, CRIB.,beserta jajaran pimpinan Usakti. Sementara dari Itera turut menyaksikan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Eng. Khairurrijal, M.Si., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T.,M.T., beserta jajaran pimpinan.

Dalam sambutannya, Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, menyampaikan rasa syukur atas kehadiran para pimpinan Usakti yang sepakat menjalin kerja sama dengan Itera. Dalam momen tersebut, Rektor Itera tak kuasa menahan haru saat memeluk Rektor Usakti Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., yang sebelumnya menjabat sebagai Rektor ITB dan menjadi atasannya langsung saat bertugas di ITB.

Rektor mengatakan, Itera siap berkontribusi untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam memajukan negara melalui kerja sama pelaksanaan pendidikan tinggi bersama Usakti.

“Kami siap menjalin kerja sama pengembangan sumber daya, serta menciptakan berbagai inovasi di berbagai bidang bersama Universitas Trisakti,” ujar Rektor Itera.

Selain itu Rektor Itera juga berharap bisa bekerjasama dalam bidang akademik, penelitian, serta perkembangan antarkampus. Kerja sama tersebut diharapkan dapat memberi kemajuan bagi Itera dan Usakti.

 Sementara, Rektor Universitas Trisakti Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA mengaku  terharu bisa bertemu Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha yang saat ini mendapatkan amanah sebagai Rektor Itera.

Prof. Kadarsah menilai perkembangan Itera sangat cepat, terlebih dirinya juga ikut dalam proses pendirian Itera sejak 2012. Untuk itu, Usakti menyatakan siap bersinergi dengan Itera guna memajukan anak bangsa dimanapun berada.

 Banyak dosen-dosen Usakti yang memiliki keilmuan yang relevan dengan Itera, maka menurut Rektor Usakti, sudah saatnya Itera dan Usakti saling sinergi. Terlebih, saat ini, dunia pendidikan berada di era online, era sistem modul, sehingga kerja sama ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.

“Kami hadir hari ini karena kami mendukung Itera. Kami sangat bersyukur para profesor dan para pakar mau mewakafkan waktunya untuk kemajuan pendidikan anak bangsa,” ujar Prof. Kadarsah.

ADV

 

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022