ADB proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat jadi 5,4 persen

id ADB,Pertumbuhan ekonomi,ekonomi indonesia,Antara Lampung,Lampung Update

ADB proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat jadi 5,4 persen

Ilustrasi: Ekonom Senior ADB Henry Ma dalam media briefing yang dipantau secara virtual di Jakarta, Rabu (06/04/2022). (ANTARA/Agatha Olivia)

Jakarta (ANTARA) - Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini menjadi 5,4 persen dari perkiraan sebelumnya pada Juli 2022 sebesar 5,2 persen.

“Pada Juli kami merevisi hingga 5,2 persen (dari prediksi pada April sebesar 5 persen). Kabar terbaru memacu kita menaikkan lagi proyeksi menjadi 5,4 persen untuk setahun penuh 2022,” kata Ekonom Senior ADB untuk Indonesia Henry Ma dalam acara Asian Development Outlook 2022 Update on Indonesia di Jakarta, Rabu.

Henry menjelaskan keputusan ADB untuk menaikkan proyeksi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia ini dilakukan seiring momentum yang kuat di sisa tahun 2022. Terlebih lagi, kondisi perekonomian Indonesia sudah cukup solid di sepanjang semester I 2022 dengan pertumbuhan sebesar 5,23 persen.

Ia menjelaskan beberapa aspek yang dipercaya masih akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di sisa tahun ini adalah konsumsi masyarakat, investasi, ekspor, hingga kunjungan wisatawan.

“Permintaan domestik akan tetap kuat sepanjang sisa tahun ini meskipun inflasi lebih tinggi. Demikian juga permintaan eksternal,” ujarnya.