Kebut digitalisasi, ASDP segera terapkan tiket online di lintasan Ajibata-Ambarita

id Lampung, asdp

Kebut digitalisasi, ASDP segera terapkan tiket online di lintasan Ajibata-Ambarita

Kebut digitalisasi, ASDP akan terapkan tiket online di lintasan Ajibata-Ambarita. ANTARA/HO-ASDP

Ini salah satu wujud komitmen kami untuk mendukung pengembangan pariwisata kawasan Danau Toba.
Bandarlampung (ANTARA) - Bertepatan dengan momen Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) segera menerapkan layanan pemesanan tiket online bagi pengguna jasa ferry di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara khususnya di Lintasan Ajibata-Ambarita.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, ASDP terus mengakselerasi program digitalisasi layanan tiket ferry berbasis online, dimana mulai tanggal 17 Agustus 2022 pengguna jasa ferry di kawasan Danau Toba khususnya lintasan Ajibata-Ambarita dapat melakukan pemesanan tiket online melalui alamat website toba.ferizy.com

"Ini salah satu wujud komitmen kami untuk mendukung pengembangan pariwisata kawasan Danau Toba yang masuk dalam proyek Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan destinasi pariwisata super prioritas. Selain itu, ASDP terus menghadirkan layanan penyeberangan yang semakin mudah, aman, dan nyaman bagi pengguna jasa, khususnya pada masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19," ujar Shelvy.

Dia mengungkapkan, dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi di Kawasan Merak-Bakauheni-Tol Lampung pada Januari 2021, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendukung penuh layanan tiket berbasis online Ferizy sebagai salah satu implementasi digitalisasi.

"Ini sangat bagus, administrasi menjadi lebih tertib, mendukung efektif dan efisien dalam pendapatan, serta keselamatan dan keamanan penumpang melalui pencatatan manifest yang lebih rapih," kata Luhut.

Adapun dalam penerapan digitalisasi ini, metode penjualan tiket yang sebelumnya hanya bisa didapatkan di pelabuhan, sekarang dapat dipesan melalui online. Pembayaran tiket ferry online dapat dibayar melalui berbagai pilihan metode pembayaran, seperti:

1. Virtual Account Bank: BRI, Mandiri, BTN, BNI, BCA, Danamon, Permata, CIMB Niaga, BSI, Maspion, Maybank, dan BTPN;
2. Dompet Digital: LinkAja, ShopeePay, OVO, dan DANA.

Demi kenyamanan dan keamanan perjalanan, pengguna jasa harap memperhatikan hal-hal berikut saat proses pemesanan tiket online:
1. Memilih pelabuhan asal dan pelabuhan tujuan dengan benar. Tiket hanya berlaku di pelabuhan yang sesuai dengan pelabuhan asal yang dipilih;
2. Memilih jadwal masuk pelabuhan (check in) sesuai dengan rencana tiba di pelabuhan;
3. Memilih jumlah penumpang (dewasa, anak, bayi) sesuai dengan jumlah penumpang dalam kendaraan yang akan menyeberang;
4. Mengisi data penumpang dan kendaraan sesuai dengan data diri penumpang dan nomor polisi kendaraan yang akan menyeberang (bila membawa kendaraan). Penumpang yang berhak atas santunan asuransi adalah penumpang sah yang terdata sesuai dengan tanda identitas yang sah.

Selanjutnya, pengguna jasa dapat melakukan check in di pelabuhan sesuai dengan waktu check in yang tertera pada e-Tiket.

"Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jasa ferry, khususnya yang menyeberang di lintasan Ajibata-Ambarita agar melakukan pembelian tiket secara online. Kini naik ferry semakin mudah, aman dan nyaman," ujar Shelvy.

Lintasan Ajibata-Ambarita yang dilayani KMP Ihan Batak adalah salah satu jalur tersibuk menuju destinasi pariwisata favorit Danau Toba yang juga merupakan salah satu dari program pariwisata super prioritas yang digagas Presiden Jokowi.

Harapannya, dengan hadirnya layanan ASDP di sini dapat lebih meningkatkan kemajuan sektor pariwisata Danau Toba, agar semakin ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.
Baca juga: Tingkatkan produktivitas, ASDP bantu UMKM binaan di Labuan Bajo dapatkan sertifikat halal
Baca juga: Bidik laba Rp541miliar, PT ASDP optimis pertahankan kinerja positif hingga akhir tahun