Nanang Ermanto tinjau progres pembangunan sirkuit motocross

id motocross lampung,sirkuit lampung

Nanang Ermanto tinjau progres pembangunan sirkuit motocross

Nanang Ermanto meninjau progres pembangunan sirkuit motocross, ANTARA/HO-Pemkab Lamsel

Lintasan sirkuit motocross ini akan sah digunakan dalam rangkaian kejuaraan motocross dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Lampung Selatan.

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto meninjau progres pembangunan lintasan sirkuit motocross yang berlokasi di Desa Kedaton, Kecamatan Kalianda, seberang Masjid Agung tepatnya di belakang Kantor PWI Lampung Selatan, Senin (8/8/22).

Lintasan sirkuit motocross ini akan sah digunakan dalam rangkaian kejuaraan motocross dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Lampung Selatan, yang dikemas dalam acara bertemakan “Lampung Selatan Expo 2022”.

Sirkuit yang dibangun dengan luas tanah 5,3 hektare tersebut memiliki panjang lintasan 1,4 kilometer, dengan suguhan pemandangan alam Lampung Selatan berupa Gunung Rajabasa, pantai dan keindahan Kota Kalianda yang nanti akan memanjakan mata para rider.

Nanang Ermanto mengatakan, sepanjang lintasan sirkuit motocross akan ditanami pepohonan, sehingga bisa memberikan efek sejuk dan mengurangi polusi udara yang dihasilkan oleh tanah yang bertebaran akibat motor yang melintas saat perlombaan.

“Di pinggir-pinggir sirkuit ini harus ditanam pepohonan, agar tidak terlihat gersang serta memberikan efek yang sejuk. Ditanamnya mulai dari sekarang agar nanti di bulan November sudah besar,” katanya pula.

Dia juga mengungkapkan, penanaman pohon ini juga harus disertai dengan perawatan setiap harinya, seperti dilakukan penyiraman setiap malam hari saat tanah sudah mulai menghilangkan efek panas.

"Tapi tidak hanya disiram, harus dipupuk diberikan nutrisi agar pohon yang ditanam juga dapat tumbuh subur. Pokoknya setiap hari harus disiram diperhatikan jangan sampai ada yang mati,” ujarnya lagi.

Kemudian, sirkuit yang direncanakan rampung dalam 2 minggu ke depan ini, kata Nanang, akan melewati masa uji coba lintasan motocross yang dibalut dalam gelaran acara kejuaraan motocross tingkat lokal.

“Sebelum event resmi motocross dimulai, nanti akan kami lakukan ekshibisi, kejuaraan tingkat lokal. Kami kan banyak tim-tim motocross di berbagai kecamatan di Lampung Selatan. Saya yakin, lokasi ini akan menjadi tempat para pembalap motocross berkumpul, sebagai awal dari ajang tingkat nasional,” katanya pula.

Nanang berharap, dengan dibangunnya sirkuit ini dapat menarik event-event tingkat nasional, agar bisa diselenggarakan di Kabupaten Lampung Selatan, sehingga, nantinya dapat berdampak pada kemajuan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Harapannya dengan adanya lintasan sirkuit motocross berskala nasional ini, event-event tingkat nasional bisa dilaksanakan di sini, sehingga perekonomian masyarakat juga ikut meningkat,” ujarnya lebih lanjut.

Desain sirkuit motocross dan roadrace Dedi Rizal mengatakan, saat ini progres pembangunan lintasan sudah selesai dan sedang dilakukan pembangunan rintangan, seperti superboll dan double jump.

“Untuk rintangan superboll dan double jump sedang dibangun, diperkirakan besok selesai dan bisa digunakan. Nanti juga akan ditanami pepohonan sesuai arahan dari Bupati Lampung Selatan,” katanya pula.

Baca juga: Lampung Selatan segera miliki sirkuit motocross berstandar nasional