Menteri BUMN dorong pengembangan proyek strategis daerah di Lampung

id Program strategis daerah, pertumbuhan ekonomi, menteri BUmN

Menteri BUMN dorong pengembangan proyek strategis daerah di Lampung

Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri seminar nasional Maspro. Bandarlampung, Jumat (5/8/2022). ANTARA/Ruth Intan Sozometa.

Bandarlampung (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mendorong adanya pengembangan proyek strategis daerah (PSD) di Provinsi Lampung guna menopang perekonomian daerah.

"Saat ini Indonesia fokus ketiga hal yakni infrastruktur, hilirisasi industrialisasi dan digitalisasi. Oleh karena itu BUMN mendorong adanya transformasi secara internal ataupun bagi daerah sesuai arah Presiden," ujar Erick Thohir dalam seminar nasional Maspro, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menjelaskan, dalam mendorong transformasi telah di instruksikan bahwa tidak hanya memerlukan proyek strategis nasional (PSN) namun perlu pula di bangun proyek strategis daerah (PSD).

"Telah diinstruksikan saat ini kita tidak hanya membutuhkan PSN tetapi perlu pula dibuat PSD untuk menumbuhkan perekonomian," katanya.

Dia pun mendorong Provinsi Lampung sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera untuk menjadi pelopor pengembangan proyek strategis daerah.

"Kalau bisa Lampung ini jadi contoh pengembangan ini, tetapi dilakukan bersama tidak masing-masing untuk membentuk ekosistem, sehingga Lampung ini bisa menjadi penopang dan penyangga bagi daerah sekitar khususnya Jawa," ucap dia.

Menurut dia, akan dibuat rencana pengembangan proyek strategis daerah untuk 10 tahun ke depan.

"Proyek strategis daerah ini akan dibuat rencana 10 tahun ke depan, ini tujuannya saat ada pergantian pimpinan ditingkat nasional atau daerah program ini bisa tetap berjalan pro rakyat," kata dia.

Dia melanjutkan, dengan adanya pengembangan proyek strategis daerah perekonomian di daerah pun dapat bertumbuh secara baik.

"Kepala daerah di Lampung mari wujudkan ini sebab proyek strategis daerah ini di tunggu oleh Presiden," tambahnya.