Tingkatkan PAD, Lampung maksimalkan sumber minyak bumi

id PAD lampung, sumber minyak bumi Lampung, ekonomi Lampung, Pendapatan daerah

Tingkatkan PAD, Lampung maksimalkan sumber minyak bumi

Dokumentasi- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberi keterangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung berupaya memaksimalkan sumber minyak bumi yang ada di daerahnya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Di sini sebenarnya ada tujuh cadangan sumber minyak bumi yang dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan PAD," ujar Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan, sumber minyak bumi yang ada di daerahnya itu rata-rata berada di wilayah Lampung Timur.

"Rata-rata ada di wilayah Lampung Timur untuk minyak bumi ini, dan kalau bisa terealisasi untuk satu titik sumber lebih kurang menghasilkan Rp150-200 miliar per tahun," katanya.

Menurut dia, dari tujuh sumber minyak bumi itu, enam diantaranya akan diakselerasi agar dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

"Kalau enam cadangan minyak bumi itu bisa berhasil diakselerasi, maka dana bagi hasilnya bisa masuk menjadi PAD. Dan yang satu sumber itu akan dimaksimalkan kembali," katanya.

Dia melanjutkan, untuk memaksimalkan sumber cadangan minyak bumi tersebut pihaknya telah bekerjasama dengan kabupaten dan sejumlah daerah salah satunya Pemerintah Daerah DKI Jakarta dalam pengelolaannya.

"Jadi sudah kerjasama dengan kabupaten, dan ada juga titik yang berbatasan dengan DKI Jakarta sudah kerjasama agar ada bagi hasil 50 persen antar kedua belah pihak," kata dia.
 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022