Tim SAR evakuasi 13 penumpang KM Karmila tujuan Labuan Bajo

id kecelakaan kapal,perairan manggarai barat,kecelakaan perairan

Tim SAR evakuasi 13 penumpang KM Karmila tujuan Labuan Bajo

Tim SAR mengevakuasi 13 penumpang KM Karmila dari Perairan Pulau Kambing, Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis (30/6/2022) (ANTARA/HO Basarnas Maumere)

Labuan Bajo (ANTARA) - Tim SAR mengevakuasi 13 penumpang KM Karmila, kapal yang mengalami kecelakaan di wilayah perairan Pulau Kambing, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Lalu Wahyu Efendi mengatakan bahwa Tim SAR mengevakuasi 13 penumpang KM Karmila menggunakan kapal RIB Pos SAR Manggarai Barat dan Sea Rider Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo pada Kamis malam (30/6).

Upaya evakuasi melibatkan petugas Pos SAR Manggarai Barat (4 orang), Lanal Labuan Bajo (10 orang), Kepolisian Perairan Labuan Bajo (2 orang), dan Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan Laut Manggarai Barat (2 orang).

 Pos SAR Manggarai Barat pada Kamis (30/6) sekitar pukul 20.00 WITA menerima informasi bahwa kemudi KM Karmila patah di perairan sekira 13,9 mil laut dari Pos SAR Manggarai Barat.

KM Karmila yang mengangkut barang serta 16 orang yang terdiri atas 13 penumpang dan tiga awak kapal dilaporkan berangkat dari Pelabuhan Labuan Bajo pada Kamis (30/6) pukul 14.30 WITA dan tiba di Pulau Rinca pukul 16.00 WITA.

Setelah membongkar barang di Pulau Rinca, KM Karmila berangkat menuju ke Pelabuhan Labuan Bajo pada pukul 18.00 WITA, tetapi dalam perjalanan kapal dihantam gelombang tinggi dan angin kuat sehingga kemudinya patah.

Standar kapal wisata

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyatakan telah mengirimkan tim untuk melakukan tinjauan (review) mengenai standar-standar kapal wisata dan pelayanan wisata di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Penugasan itu diberikan sebagai respons atas insiden kapal wisata tenggelam di Labuan Bajo  sehingga standar cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE) bisa dipatuhi oleh pelaku industri pariwisata.
 
"Kejadian ini tidak boleh terulang lagi. Oleh karena itu, sama seperti di darat, kami juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dengan dinas pemerintahan setempat. Apalagi ini musim liburan dan makin banyak dituntut, agar fasilitas pariwisata transportasi terutama ini (kapal wisata) mengikuti kaidah-kaidah keselamatan," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta, Kamis malam.
 
Sandiaga menyampaikan duka cita yang mendalam dan rasa prihatin kepada keluarga korban atas insiden kecelakaan kapal wisatawan di Labuan Bajo.

KLM Tiana Tenggelam
 
Pada Selasa pagi (28/6), kapal wisata bernama KLM Tiana tenggelam di perairan Pulau Kambing dengan rute pelayaran Pelabuhan ASDP Labuan Bajo menuju Pulau Padar.
 
Cuaca buruk dan gelombang tinggi menyebabkan kapal tenggelam di lokasi tersebut. Kapal itu mengangkut 18 orang penumpang dan enam orang anak buah kapal.
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022