J.League dinilai berkontribusi lolosnya Australia ke Piala Dunia

id Liga jepang, timnas australia, piala dunia 2022, piala dunia qatar

J.League dinilai berkontribusi lolosnya Australia ke Piala Dunia

Pemain Cerezo Osaka asal Australia, Mitchell Duke (kanan). ANTARA/HO/J.League

Jakarta (ANTARA) - Timnas Australia secara resmi menjadi negara keenam di Asia yang sukses lolos ke kejuaraan sepak bola paling bergengsi di dunia yakni Piala Dunia 2022 dan J.League atau Liga Jepang dinilai berkontribusi dalam kelolosannya.

Adalah Adam Taggart dan Mitchell Duke. Kedua pemain yang selama ini bermain di J.League bersama Cerezo Osaka dan Fagiano Okayama itu merupakan bagian Socceroos saat menjalani pertandingan kualifikasi terakhir melawan Peru di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, 13 Juni lalu.

Dalam laga penentuan tersebut, Timnas Australia harus menjalani laga sepanjang 120 menit dan akhiri dengan adu tendangan penalti. Akhirnya anak asuh Graham Arnold itu menang 5-4 setelah dalam normal bermain imbang 0-0.

Mitchell Duke pada laga tersebut menjadi striker tunggal bermain selama 69 menit sebelum akhirnya diganti oleh Awer Mabil. Sedangkan Taggart memang tak bermain pada laga ini, tetapi ia berkontribusi tiga gol dalam delapan laga kualifikasi yang dijalani Australia.

Memang ini bukan kali pertama Australia lolos ke Piala Dunia, tetapi lolosnya Socceroos membuat sejarah tersendiri bagi persepakbolaan Asia karena bisa mengirimkan enam wakil pada kejuaraan sepak bola terbesar sejagat itu.

Sebelumnya, lima negara Asia sudah dinyatakan lolos ke kejuaraan empat tahunan tersebut yakni tuan rumah Qatar, Iran, Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: J.League dinilai berkontribusi lolosnya Australia ke Piala Dunia Qatar