TNI-Kementerian Pertanian perkuat program ketahanan pangan

id Ketahanan pangan, panglima TNI, andika perkasa, kementerian pertanian

TNI-Kementerian Pertanian perkuat program ketahanan pangan

Tangkapan layar Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. ANTARA/Muhammad Zulfikar

Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan institusi yang dipimpinnya bersama Kementerian Pertanian terus memperkuat kerja sama melalui program ketahanan pangan yang tersebar di sejumlah daerah di Tanah Air.

"Saya berharap beberapa program kerja sama dengan Kementerian Pertanian bisa memberikan banyak manfaat terutama dalam hal upaya ketahanan pangan," kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang dipantau dari kanal YouTube di Jakarta, Rabu.

Selama ini, sambung Panglima TNI, kerja sama antara Kementerian Pertanian dengan TNI sudah terjalin cukup erat khususnya dalam hal program ketahanan pangan.

TNI bersama Kementerian Pertanian juga sepakat memperbaharui nota kesepahaman kerja sama yang ditandatangani kedua belah pihak.

Jenderal Andika mengatakan kerja sama tersebut salah satunya upaya peningkatan produksi berbagai komoditas pangan. Termasuk pelatihan bagi prajurit TNI agar mampu membina pelaku di sektor pertanian di sejumlah daerah yang dijadikan lokasi program ketahanan pangan.



Dalam kesempatan tersebut, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) itu juga mendorong personel TNI yang mengikuti pelatihan tidak hanya perwakilan tapi seluruh individu yang akan menjalankan program ketahanan pangan.

"Dengan demikian, yang dilatih yang benar-benar akan mengerjakan langsung, bukan perwakilan karena kurang efektif dan efisien serta memakan waktu," ujar lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1987 tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Dr. Kasdi Subagyo mengatakan ruang lingkup kerja sama kedua belah pihak perlu diperbarui. Akan tetapi, beberapa program yang baik tetap dilanjutkan serta menambahkan program baru di nota kesepahaman.

"Salah satu fokus Kementerian Pertanian dengan TNI ialah pengembangan komoditas kedelai," kata dia.




 
Pewarta :
Editor : Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2022