BI Lampung: Kolaborasi progam pengembangan dorong UMKM bertumbuh

id UMKM Lampung, peningkatan UMKM, kolaborasi program UMKM, BI Lampung

BI Lampung: Kolaborasi progam pengembangan dorong UMKM bertumbuh

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Budiyono saat memberi keterangan. Bandarlampung, Selasa (21/6/2022). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiyono mengatakan dengan adanya kolaborasi program pengembangan UMKM di daerahnya mampu mendorong pertumbuhan UMKM.

"UMKM ini menjadi salah satu penopang ekonomi Lampung, jadi perlu upaya untuk bisa membawa UMKM kita terus bertumbuh," ujar Budiyono, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan kolaborasi program pengembangan UMKM yang dilakukan oleh berbagai pihak.

"Saat ini banyak pihak yang melakukan pengembangan dengan caranya masing-masing, jadi nanti kita akan kolaborasikan. Sebab yang awalnya kecil kalau bersinergi bisa jadi besar," katanya.

Dia menjelaskan, dengan adanya sinergisitas antar lembaga dapat mempermudah UMKM untuk mengembangkan usahanya.

"Lalu bisa juga berkolaborasi dengan pengambil kebijakan, dunia usaha, dan perguruan tinggi. Salah satunya dengan melibatkan mahasiswa dalam program merdeka belajar untuk mengembangkan UMKM, program ini telah dicoba oleh APINDO juga," ucapnya.

Menurut dia, dengan adanya transfer pengetahuan dari mahasiswa ke pelaku UMKM dan sebaliknya, juga akan meningkatkan keahlian kedua belah pihak.

"Banyak program untuk meningkatkan UMKM, kita harus memperluas ini selain kolaborasi juga melalui digitalisasi. Sebab akan sulit kalau mengandalkan pasar lokal saja perlu juga memperluas pasar," ujar dia.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022