Petani tebu di Lampung deklarasi dukung Ganjar Capres 2024

id lampung, ganjar, waykanan

Petani tebu di Lampung deklarasi dukung Ganjar Capres 2024

Peteni tebu di Lampung ingin Ganjar Presiden, terpikat komitmennya pada pertanian (ANTARA/HO-Tim)

Pak Ganjar, beliau peduli petani rakyat, peduli petani tebu. Beliau berpihak pada petani, kepada pertanian dan juga juga merakyat, kata Lukman
Bandarlampung (ANTARA) -

Ratusan petani perwakilan dari 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang tergabung dalam Petani Tebu Bersatu (Petebu) Lampung mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menjadi Calon Presiden 2024.

Deklarator Petebu Lampung, Lukman Tuan Kumala Sakti, mengungkapkan dukungan tersebut diberikan karena pihaknya terpikat dengan sosok Ganjar yang berkomitmen untuk memajukan petani tebu di Indonesia. Ganjar pun telah terbukti di Jateng banyak kebijakannya berpihak kepada sektor pertanian khususnya petani tebu.

“Pak Ganjar, beliau peduli petani rakyat, peduli petani tebu. Beliau berpihak pada petani, kepada pertanian dan juga juga merakyat,” kata Lukman usai deklarasi di Kampung Negara Batin, Kecamatan Negara Batin, Kabupaten Waykanan, Provinsi Lampung, Selasa (31/5/22).

Lukman yang juga tokoh adat di Kampung Negara Batin ini, mengatakan Ganjar yang bersahaja ini kebijakannya selalu berpihak pada rakyat kecil. Hal itu terbukti dengan adanya bantuan modal, promosi dan bimbingan bagi para petani khususnya petani tebu, perbaikan ratusan ribu rumah tidak layak huni (RTH) serta kebijakan-kebijakan lainnya yang berpihak pada kesejahateraan masyarakat.

“RTH di Jateng alhamdulillah beliau sudah perbaiki. Pak Ganjar siap untuk melayani masyarakat, terobosan selama dua periode bisa keliatan itu di Jateng yang sangat maju,” tegasnya.

Lukman menyakini Ganjar bisa memperjuangkan hak-hak yang selama ini belum didapat oleh para petani tebu, khususnya bisa merasakan manisnya kebijakan pemerintah kepada petani tebu, di antaranya kebijakan soal adanya standar harga jual tebu, sehingga harga jualnya tidak anjlok.

Ia juga memuji Ganjar yang dinilainya figur yang lengkap, di antaranya Ganjar berpengalaman dalam pemerintahan seperti mantan sebagai anggota legislatif dan saat ini Gubernur Jateng dua periode. Secara kepribadian, katanya Ganjar  mempunyai sikap yang tegas, berkarakter kuat, mengayomi dan peduli pada nasib petani tebu.

Oleh karenanya, ia mengajak rakyat di Indonesia untuk bergerak dan memenangkan Ganjar dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang. “Mudah-mudahan masyarakat Indonesia bisa bisa memilih pemimpin ke depan yang berwibawa dan bersahaja seperti Pak Ganjar,” pungkasnya.

Dalam rangkaian acara, masyarakat yang mengenakan pakaian adat daerah setempat,  juga menggelar Halal Bi Halal kebangsaan petani tebu, diskusi permasalahan pertanian tebu, santunan anak yatim dan dhuafa, tasyakuran tebang tebu, penyerahan sambako bagi warga yang tidak mampu dari pintu ke pintu.

Selain itu, dihelat pula pawai adat Kampung Negara Batin, pagelaran musik gamelan, tari Tigol, tari Sambah dan jenis musik daerah serta musik hiburan lainnya.

Hadir dalam acara Ketua Petebu Nasional, Amrozi Amenan, Kepala Kampung Negara Batin, Sidik Aroni Kamseno, Ketua Lembaga Adat Kampung Negara Batin,  H. Pahmam Ramli Jamal, perwakilan APTRI Waykanan dan 10 kepala kampung di sekitar kawasan Kampung Negara Batin.

Acara deklarasi Petani Tebu Bersatu di Lampung mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024 ini merupakan yang ketiga dilakukan para petani tebu. Sebelumnya, dukungan Petebu kepada Ganjar digelar di daerah Nganjuk, Jawa Timur dan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
Pewarta :
Editor : Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2022