Polresta Bandarlampung maksimalkan personel jaga keamanan Apeksi

id Lampung,Bandarlampung,Apeksi,Hut Apeksi

Polresta Bandarlampung maksimalkan personel jaga keamanan Apeksi

Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bandarlampung melakukan konfrensi Pers terkait persiapan Hut Apeksi. Rabu, Bandarlampung, (25/5/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) -

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandarlampung menegaskan akan memaksimalkan seluruh personelnya guna menjaga keamanan pada kegiatan HUT ke-22 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di kota setempat.

"Seluruh personel kita siapkan untuk pengamanan pada Apeksi ini, tentunya kita juga berkoordinasi dengan TNI, Pol PP dan Dishub. Kalau jumlah personel kami seribu lebih," kata Kapolresta Bandarlampung, Kombes Pol Ino Harianto, di Bandarlampung, Rabu.

Ia pun memastikan bahwa pada seluruh rangkaian kegiatan Apeksi di Bandarlampung yang akan berlangsung pada 27-29 Mei 2022 akan berjalan aman dan tertib, baik dari kedatangan hingga kepulangan delegasi dari seluruh Indonesia tersebut.

"Faktor keamanan dalam setiap kegiatan sangat penting agar seluruh rangkaian berjalan dengan baik baik pada pembukaan maupun saat mereka bersepeda santai atau gowes," kata dia.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya pun telah melakukan rapat-rapat pendahuluan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) guna membahas masalah pengamanan para tamu di titik-titik yang sudah ditentukan .

"Kami sudah susun rencana pengamanan untuk para pejabat daerah yang akan datang pada Apeksi. Kami juga sudah memiliki data siapa saja yang datang melalui Bandara Radin Inten II maupun Pelabuhan Bakauheni," kata dia.

Dia pun mengungkapkan bahwa secara keseluruhan pengamanan kepada para Wali Kota yang datang pada acara Apeksi ini tidak ada yang khusus. 

"Seluruhnya kami amankan tidak dibeda-bedakan. Namun untuk Pejabat Negara sekelas Menteri dan keluarga Presiden RI Joko Widodo memamg lebih ketat untuk pengamanannya," katanya.

Sementara itu, Dandim 0410/KBL, Kolenel Inf Faisol Izuddin Karimi, siap mendukung penuh pengamanan pada kegiatan Hut Apeksi ke-22 di Bandarlampung bersama kepolisian dan pihak terkait.

“Kami dari jajaran TNI khususnya Kodim 0410/KBL telah membuat rencana pengamanan yang terintegrasi dan berkolaborasi antara Polres, Satpol PP dan instansi yang lain. Intinya kami dari Kodim 0410/KBL akan mendukung penuh pengamanan selama kegiatan Apeksi ini,” kata dia.