Jelang pemberangkatan haji, Kemenag Lampung Selatan gelar bimbingan manasik haji

id lampung, lamsel, lampung selatan

Jelang pemberangkatan haji, Kemenag Lampung Selatan gelar bimbingan manasik haji

Jelang pemberangkatan haji, Kemenag Lampung Selatan gelar bimbingan manasik haji (ANTARA/HO-Pemkab Lamsel)

Saya mengapreasisi Kemenag Lamsel, jadi ini pekerjaan yang tidak mudah, penataan yang sudah diprogramkan beberapa tahun lalu, kemudian tertunda pemberangkatannya dan baru dibuka kembali dengan waktu yang terbatas untuk diberangkatkan, jelas Nanang

Bandarlampung (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Selatan menggelar pembinaan dan bimbingan manasik haji kepada jamaah haji reguler tingkat Lampung Selatan tahun 1443 H/2022 M, Senin (23/5/22).

Bimbingan manasik haji itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada jamaah calon haji tentang ilmu manasik haji dengan harapan jamaah haji menguasai tata cara pelaksanaan ibadah haji sehingga mendapatkan haji yang mabrur dan mabruroh.

Berlangsung di aula kantor Kemenag Kabupaten Lampung Selatan, pembinaan dan bimbingan manasik haji itu dibuka langsung oleh Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dan diikuti sebanyak 220 jamaah calon haji yang akan diberangkatkan tahun ini.

Dalam laporannya, Kepala Kantor Kemenag Lampung Selatan Ashari menerangkan berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 405 tahun 2022, tentang kuota haji Indonesia tahun 1443 H/2022 M sebanyak 100.051 jamaah terdiri dari jamah reguler 92.825 orang dan jamaah haji khusus 7.226 orang.

Sedangkan kuota jamaah haji Provinsi Lampung yakni 3.198 dan kuota haji Lampung Selatan sebanyak 220 jamaah.

“Provinsi Lampung kuota haji yakni 3.198 dan Lampung Selatan pada tahun 2019 mengundurkan diri dua orang dari kuota yang ditetapkan, kuota cadangan yang disiapkan 32 jamaah dan masuk cadangan itu tiga orang. Jadi jumlah total tahun ini menjadi 220 jaah calon haji,” kata Ashari.

Ashari menjelaskan, pelaksanaan bimbingan manasik haji itu akan dilaksanakan pada tingkat kabupaten yaitu sebanyak dua kali dan pada tingkat kecamatan sebanyak empat kali.

“Kita ini berarti tamu yang belum pernah kita kunjungi sehingga bagaimana haji ini, kita inginkan sukses baik sukses administrasi, suskes di perjalanan berangkat/pulang dan sukses dalam pelaksanaan haji tidak hanya sunnah rukun dan wajib haji saja,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengapresiasi kinerja Kemenag Lampung Selatan dan para panitia haji yang terlibat atas pelaksanaan pemberangkatan haji tahun 2022 dan terselenggaranya kegiatan manasik haji tersebut.

“Saya mengapreasisi Kemenag Lamsel, jadi ini pekerjaan yang tidak mudah, penataan yang sudah diprogramkan beberapa tahun lalu, kemudian tertunda pemberangkatannya dan baru dibuka kembali dengan waktu yang terbatas untuk diberangkatkan," jelas Nanang.

Bupati juga berpesan, agar para jamaah calon haji senantiasa menjaga kesehatan, kekhusyu’an dalam beribadah serta menjaga nama baik daerah Lampung Selatan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

"Pentingnya manasik haji supaya benar-benar bisa menjalankan ibadah ini secara sungguh-sungguh dan tidak ada kesalahan, manfaatkan waktu untuk pembinaan manasik haji pada hari ini dan seturusnya sebagai bekal,” katanya.