RPH di Bandarlampung jamin hewan potong dalam keadaan sehat

id Lampung,PMK,Bandarlampung

RPH di Bandarlampung jamin hewan potong dalam keadaan sehat

Pemilik Rumah Potong Hewan (RPH) Z-Beef, Tampan Sujarwadi, di Bandarlampung, Senin, (23/5/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Bandarlampung menjamin bahwa hewan potong yang datang ke tempatnya dalam keadaan sehat serta telah memiliki surat kesehatan dari pihak terkait.

"Sebelum masuk dan dipotong di RPH sapi-sapi di sini kami selalu cek surat kesehatan agar memang aman saat diperjualbelikan ke masyarakat," kata Pemilik RPH Z-Beef, Tampan Sujarwadi, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan bahwa selama ini pihaknya mengambil sapi dari tempat penggemukan hewan ternak di Kabupaten Lampung Selatan yang memang terjamin kualitas kesehatannya.

"Biasanya memang sapi-sapi dari feedlot itu ada surat kesehatannya. Tapi karena saat ini sedang merebak PMK maka kita akan lebih ketat lagi dan saya pun mengajak kepada semua RPH untuk bisa menjaga kebersihan," kata dia.

Terkait pengaruh terhadap penjualan,, dia mengatakan bahwa sejauh ini permintaan terhadap hewan potong khususnya sapi tidak terpengaruh dengan adanya PMK.

"Masih sama permintaan per harinya kalau Bandarlampung sekitar 35 sampai 50 ekor, untuk dijual ke konsumen dan pedagang di pasar tradisional," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bandarlampung, Agustini, mengatakan bahwa pengawasan terhadap hewan ternak pun sudah dilakukan pada RPH yang berada di Bandarlampung.

"Kalau untuk hewan yang akan dipotong di RPH memang standarnya sudah ada pemeriksaan kesehatan dari kita saat sapi datang," kata dia.