Pemkot Bandarlampung segera bayar gaji honorer tenaga kebersihan

id Lampung,Bandarlampung,DLH,Pembayaran Gaji

Pemkot Bandarlampung segera bayar gaji honorer tenaga kebersihan

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) Kota Bandarlampung Muhamad Nur Ram'dhan. Saat dimintai keterangan. Senin, (23/5/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung segera membayarkan tunggakan gaji honorer tenaga kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota setempat yang telah tertunggak selama dua bulan.

"Setelah kami menerima berkas permohonan pencairan dari DLH dan akan dilakukan proses dan langsung dibayar tunggakan gaji mereka,", kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) Kota Bandarlampung Muhamad Nur Ram'dhan, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan anggaran sekitar Rp3,4 Miliar untuk membayar gaji honorer kebersihan di DLH yang telah tertunggak selama dua bulan tersebut.

"Adanya keterlambatan pembayaran gaji ini karena memang anggarannya kurang beberapa waktu lalu. Bahkan tenaga honorer yang lain pun dua bulan juga belum dibayar gajinya. Tapi ini kita dahulukan yang di DLH yang lain menyusul," ujarnya.

Ia pun mengatakan bahwa pencarian gaji honorer tenaga kebersihan di DLH akan dilakukan pada Selasa (24/5), usai berkas pencairan selesai diproses sebagaimana arahan dari Wali Kota Bandarlampung.

"Berkasnya baru masuk hari ini. Jadi kalau berkas-berkas ini selesai diproses maka kan langsung kita salurkan ke mereka," kata dia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Riana Afrilia mengungkapkan bahwa pembayaran gaji honorer tenaga kebersihan tertunda dikarenakan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang turun drastis akibat pandemi COVID-19.

"Jadi memang ada penundaan pembayaran gaji tapi kita semua tahu hal itu karena imbas dari pandemi COVID-19. Tapi ini sedang diproses, InsyaAllah akan dibayar," kata dia.