Dinas Pertanian Mukomuko: Sepuluh perusahaan sawit langgar aturan

id Mukomuko

Dinas Pertanian Mukomuko: Sepuluh perusahaan sawit langgar aturan

Petani mengangkut TBS sawit. ANTARA/Dedi

Semua perusahaan yang tidak melaporkan dokumen transaksi atau data penjualan minyak mentah kelapa sawit akan kami sampaikan ke bupati terkait pemberian sanksi, kata Apriyansah
Mukomuko (ANTARA) -
Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan sepuluh perusahaan pengolahan minyak mentah kelapa sawit di daerah ini melanggar aturan karena tidak melaporkan invoice atau data dokumen transaksi.
 
"Semua perusahaan yang tidak melaporkan dokumen transaksi atau data penjualan minyak mentah kelapa sawit akan kami sampaikan ke bupati terkait pemberian sanksi," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Apriansyah, dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu, menanggapi harga pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang lebih rendah dibanding harga komoditi perkebunan dari tim perumus.
 
Padahal tim perumus harga komoditi perkebunan kelapa sawit Bengkulu membutuhkan  dokumen transaksi  atau data penjualan CPO sebagai bahan untuk menetapkan harga komoditi perkebunan.
 
Menurutnya, sikap perusahaan minyak kelapa sawit di daerah ini  yang tidak melaporkan data penjualan tentunya melanggar aturan.yakni  Peraturan Menteri Pertanian Nomor 1 tahun 2018 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Perkebunan.
 
Terkait hal itu, ia mengatakan masih menunggu petunjuk dari bupati terkait dengan sanksi terhadap perusahaan sawit tersebut.
 
Tim perumus harga komoditi perkebunan kelapa sawit  Bengkulu sejak beberapa hari lalu telah menetapkan harga jual TBS kelapa sawit tingkat pabrik tertinggi Rp3.200 per kg dan terendah Rp2.400 per kg.
 
Namun harga sawit di pabrik di daerah ini berkisar Rp1.400-Rp1.820 per kilogram, atau lebih rendah dibandingkan dengan harga yang ditetapkan pemerintah.
 
Harga TBS sawit di daerah ini dalam beberapa hari ini turun di sebagian pabrik berkisar Rp40 hingga Rp200 per kg termasuk di PT Surya Andalan Primatama turun hingga Rp500 per kg.