XL Axiata promosikan Sispreneur bantu UKM pada ajang W20 Empower

id w20 empower,g20 indonesia,xl axiata

XL Axiata promosikan Sispreneur bantu UKM pada ajang W20 Empower

Co-chair W20 Indonesia yang juga Presiden Direktur dan CEO XL Axiata Dian Siswarini saat konferensi pers disela penyelenggaraan Plenary Meeting Kedua W20 Empower di Yogyakarta, Rabu (18/5/2022). ANTARA/Ahmad Wijaya

Yogyakarta (ANTARA) - Perusahaan telekomunikasi XL Axiata dalam ajang Plenary Meeting Kedua W20 Empower mempromosikan Sispreneur yang bertujuan membantu usaha kecil menengah perempuan agar mampu memberikan kontribusi bagi ekonomi keluarga dan nasional.

"Perusahaan berkomitmen untuk terus mendampingi pengusaha mikro perempuan melalui Sispreneur yang dalam kegiatannya berkolaborasi dengan pemerintah," kata Co-chair W20 Indonesia Dian Siswarini kepada pers di sela penyelenggaraan Plenary Meeting Kedua W20 Empower di Yogyakarta, Rabu

Dian yang juga Presiden Direktur dan CEO XL Axiata mengatakan, Sispreneur dibangun atas sinergi antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak/PPPA dengan PT. XL Axiata Tbk. Program pelatihan online tentang kewirausahaan diharapkan bisa menjadi solusi dari munculnya tantangan-tantangan baru, khususnya yang harus para perempuan hadapi sebagai dampak dari pandemi COVID-19.

Salah satu alasan perlunya perempuan perlu mendapat bantuan karena potensi dan perannya dalam sektor ekonomi sebagai pelaku usaha sangatlah besar. Berdasarkan Data Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar di Indonesia tahun 2014-2018, dari total usaha yang berjumlah 64 juta unit usaha, 99,99 persen usaha di Indonesia adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sementara berdasarkan survei dari Bank Dunia lebih dari 50 persen usaha mikro dan kecil dimiliki oleh perempuan.

Dikatakan Dian pengusaha UKM perempuan merupakan pihak yang paling terdampak secara ekonomi dan sosial selama masa pandemi. Karena itu, program kelas inkubasi ini menjadi sangat relevan untuk kami selenggarakan saat ini agar dapat membantu di dua sisi sekaligus, yaitu sisi perempuan sebagai penggerak ekonomi keluarga dan UMKM yang dikelolanya agar bisa menopang ekonomi keluarga dan menggerakkan ekonomi di lingkungan sekitarnya.

Dian menambahkan, teknologi digital menawarkan kesempatan kepada siapa saja untuk mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki. Bagi para perempuan pelaku usaha mikro, teknologi digital akan memungkinkan mereka untuk menembus pasar yang lebih luas, yang hampir mustahil bisa dijangkau jika tidak online.

"Dalam ajang ini juga dibahas mengenai evaluasi yang selama ini telah dilakukan pemerintah dan swasta saat memberikan dukungan kepada pengusaha UKM perempuan. Apa-apa saja yang kurang akan diperbaiki dan apa yang sudah baik ditingkatkan," kata Dian.

Dikatakan isu kesetaraan gender memang menjadi salah satu dari empat isu prioritas yang diusung W20 dalam Presidensi G20 Indonesia.

W20 mengusung empat isu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia. Pertama, kesetaraan gender. Kedua, inklusi ekonomi yaitu mendukung UMKM yang dimiliki dan dikelola oleh perempuan. Ketiga, peningkatan ketahanan perempuan pedesaan dan perempuan penyandang disabilitas. Keempat, akses terhadap fasilitas kesehatan yang adil secara gender.