Ada ular masuk rumah, bagaimana respon yang harus dilakukan ?

id Dompet Dhuafa

Ada ular masuk rumah, bagaimana respon yang harus dilakukan ?

Ada ular masuk rumah, bagaimana respon yang harus dilakukan. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Banten (ANTARA) - Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa bersama Muscle Sioux – Snake Handler menggelar sertifikasi dan pelatihan penangan darurat ular bagi kawan-kawan DMC Dompet Dhuafa di markas besar DMC Dompet Dhuafa, Tangerang Selatan, Banten.
pada Kamis, (19/5).

Adapun materi yang disampaikan berupa identifikasi ular dan aspek biologisnya. 

Kemudian tentang penanganan gigitan ular dan bagaimana penanganannya dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui pelatihan ini guna meningkatkan kapasitas tim DMC Dompet Dhuafa dalam melakukan respons darurat penanganan ular liar. Ular sebagai hewan liar dapat hidup di mana saja. 

“Ada tiga alasan ular menyerang manusia: ketika mereka terprovokasi, tersakiti dan ketika mereka sedang dalam masa mencari pasangan,”jelas Wahyu selaku Instruktur Muscle Sioux – Snake Handler dalam paparannya.

Kerapkali mereka ditemukan di wilayah pemukiman manusia. Entah dengan bersembunyi di atas loteng maupun di sela-sela dinding rumah.

Ular sendiri memiliki tipe yang bermacam-macam. Mulai dari yang tidak berbisa, berbisa sedang, hingga berbisa mematikan. Sehingga salah satu pesan ketika bertemu dengan ular liar ialah jangan panik dan tetap tenang.

”Sejak Januari 2020 sampai awal Januari 2021 ini ada sekitar 627 kasus gigitan ular di Indonesia yang dilaporkan. Sebanyak 62 orang di antaranya meninggal,” kata ahli gigitan ular berbisa yang juga Presiden Toxynologi Indonesia, Tri Maharani, Senin (11/1/2021) sebagaimana diberitakan dalam Kompas.

Melalui pelatihan ini nantinya tim DMC Dompet Dhuafa akan membagikan materi dan pengalaman di pelatihan ini kepada jejaring relawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga kebermanfaatan ini bisa juga dirasakan relawan dan masyarakat.

“Ini merupakan inovasi yang dilakukan DMC Dompet Dhuafa dalam meningkatkan kapasitas tim dan relawan ketika melakukan respons tanggap darurat di masyarakat,” jelas Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa. 

“Sehingga fokus kami selain terhadap lingkungan fisik melalui program-program Pengurangan Risiko Bencana (PRB), terhadap manusia melalui layanan respons bencana, serta juga kepada fauna setempat,”tutup Haryo.

Atas dasar ini, DMC Dompet Dhuafa menerima panggilan penanganan ular liar yang muncul di sekitaran pekarangan rumah. Masyarakat cukup menghubungi nomor Call Center DMC Dompet Dhuafa di 0811-6116-916. Dalam 24 jam DMC Dompet Dhuafa akan sigap menindaklanjuti panggilan tersebut. 

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.