Wali Kota Metro: Tetap waspada meski penggunaan masker dilonggarkan

id Masker

Wali Kota Metro: Tetap waspada meski penggunaan masker dilonggarkan

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin. (ANTARA/dok. Hendra Kurniawan)

Saya kira masyarakat Kota Metro yang sangat peduli terhadap kesehatan pasti akan faham ya, katanya
Metro (ANTARA) - Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin mengingatkan masyarakat agar tetap waspada meski pemerintah telah memberi kelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka.

ia mengatakan, pihaknya akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat terkait kebijakan pelonggaran pemakaian masker tersebut. 

"Kita tetap ikuti kebijakan pemerintah pusat ya. Saya tidak akan mengambil kebijakan, kalau tidak ada instruksi dari pusat seperti Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri)," kata Wahdi saat diwawancarai, Jumat. 

Menurutnya, kebijakan pelonggaran masker tersebut juga akan diterapkan di lingkungan kerja Pemerintah Kota Metro. Meski demikian pihaknya masih menunggu Inmendagri terkait mekanisme pelonggaran tersebut. 

"Inmendagrinya kita tunggu dulu. Tapi levelnya insyaallah tetap di level 1, sudah masuk minggu keenam. Tetap vaksin ditingkatkan itu ajalah, protokol kesehatan," imbaunya. 

Wahdi menjelaskan, kebijakan kelonggaran pemakaian masker tersebut untuk daerah yang kasus COVID-19 rendah dan capaian vaksinasinya sudah tinggi.

"Kalau di ruang terbuka dan tidak ramai orang boleh tidak pakai masker. Tetapi kita juga harus tetap waspada," ucapnya.

Ia menambahkan, meskipun Kota Metro berada pada PPKM level I dan capaian vaksinasi COVID-19 tertinggi di Provinsi Lampung, masyarakat harus tetap waspada terhadap penyebaran virus tersebut.

"Saya kira masyarakat Kota Metro yang sangat peduli terhadap kesehatan pasti akan faham ya. Jadi harus tetap waspada, masker itu kan untuk kesehatan," tambahnya.