Kapal tetap layani pemudik dari Pelabuhan Panjang hingga arus balik usai

id Arus balik, pelabuhan panjang, pemudik Lampung, pelabuhan alternatif

Kapal tetap layani pemudik dari Pelabuhan Panjang hingga arus balik usai

Situasi penyeberangan alternatif di Pelabuhan Panjang pada H+5 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Bandarlampung, Minggu (8/5/2022). ANTARA/HO.

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang mengatakan akan tetap menyediakan tujuh kapal untuk melayani pemudik hingga arus balik selesai.

"Memang sudah ada imbauan dari pemerintah untuk menunda sementara waktu kepulangan hingga sehari setelah puncak arus balik," ujar Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang, Capt Hendri Ginting, di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan, dengan adanya imbauan tersebut, maka pihaknya akan tetap menyediakan operasional 7 kapal hingga waktu arus balik pemudik usai.

Baca juga: Arus kendaraan di Pelabuhan Bakauheni pada H+5 Lebaran terpantau lancar

"Tetap akan melayani pemudik hingga waktu yang telah ditentukan di Pelabuhan Panjang karena di sini jadi alternatif penyeberangan saat arus balik," katanya.

Menurutnya, meski KM Ciremai telah selesai membantu pelayanan penyeberangan pemudik di masa arus balik, sebanyak tujuh unit kapal yang tersedia tetap akan beroperasi.

"KM Ciremai memang saat ini sudah selesai masa tugasnya di Pelabuhan Panjang, dan mereka akan tugas untuk menyeberangkan mudik gratis di Surabaya. Tetapi disini masih banyak kapal lain yang siap melayani penumpang," ucapnya.

Dia melanjutkan, dengan pergerakan pemudik pengguna pelabuhan alternatif yang stabil diharapkan kapal yang tersisa dapat melayani pemudik dengan maksimal.

"Banyak sekali yang antusias menggunakan pelabuhan alternatif, jadi harapannya dengan pergerakan yang terkendali meski ramai pada Sabtu dan Minggu ini semua pemudik bisa terfasilitasi dengan kapal yang tersedia," katanya lagi.

Diketahui pada H+5 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah kondisi Pelabuhan Panjang sebagai alternatif penyeberangan pada arus mudik terpantau ramai lancar.

Pada akhir pekan ini banyak pemudik pengguna kendaraan roda dua dan roda empat yang memanfaatkan penyeberangan dengan rute Pelabuhan Panjang, Lampung-Pelabuhan Ciwandan, Cilegon.

Baca juga: Senator Bustami apresiasi penanganan arus mudik-balik Lebaran dan beri catatan