Kapolda Lampung dampingi Kapolri tinjau arus balik di Pelabuhan Bakauheni

id Polda lampung, arus mudik, arus balik

Kapolda Lampung dampingi Kapolri tinjau arus balik di Pelabuhan Bakauheni

Kapolda Lampung dampingi Kapolri tinjau Pelabuhan Bakauheni. (ANTARA/HO)

Ada sedikit antrean dikarenakan menunggu bongkar muat dari kapal yang tiba di Pelabuhan Bakauheni dari Merak, Banten. Tapi semua bisa diatasi dan lancar, mereka bisa menyeberang menuju Pelabuhan Merak, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno bersama jajaran mendampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk meninjau arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (7/5).

"Bersama Meneteri Perhubungan, Kapolri telah melakukan peninjauan dan kesiapan penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni," katanya di Lampung Selatan, Sabtu.

Pada kunjungan tersebut, kondisi di penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan baik di dermaga 1 hingga 7 dalam keadaan lancar.

Meskipun ada sedikit antrean, namun arus sepeda motor dan kendaraan pribadi tetap lancar dan bisa melanjutkan penyeberangan melalui dermaga 1 hingga 7.

"Ada sedikit antrean dikarenakan menunggu bongkar muat dari kapal yang tiba di Pelabuhan Bakauheni dari Merak, Banten. Tapi semua bisa diatasi dan lancar, mereka bisa menyeberang menuju Pelabuhan Merak," kata dia.

Hendro mengimbau kepada para pemudik yang akan menyeberang menuju Pelabuhan Merak agar terus waspada dan selalu menjaga kesehatan. Ia juga minta kepada pemudik agar terus melakukan pemeriksaan terhadap kendaraannya sebelum melanjutkan perjalanannya.

"Waspada dan hati-hati, jika ada yang mencurigakan agar segera melapor kepada petugas baik kepolisian maupun petugas lainnya. Selain itu, selama dalam kapal agar memanfaatkan untuk memeriksa kendaraannya sebelum melanjutkan perjalanan kembali," kata dia.

Pada kunjungan tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menekankan untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan, diharapkan dengan adanya rest area sebagai tempat menampung dapat menghindari kepadatan di Pelabuhan Bakauheni  Lampung Selatan.

Kemudian, lanjut dia, ada beberapa skema yang disiapkan petugas antara lain hijau, kuning, dan merah. Skema tersebut diharapkan dapat bertahan selama arus balik berlangsung. 

Ia juga mengimbau masyarakat selama beberapa hari ke depan untuk memanfaatkan relaksasi yang diberikan sejumlah instansi atau lembaga agar tidak buru-buru balik untuk menghindari kepadatan. 

Melalui relaksasi itu, masyarakat tanpa mengurangi kewajiban tugasnya bisa bekerja di rumah atau WFH. Kemudian  memanfaatkan waktu libur anak-anak khusus sekolah di Jakarta masuk tanggal 12 Mei.