Gempa dangkal magnitudo 3,6 di Lumajang terasa di sejumlah daerah

id Gempa,Gempa bumi,Gempa lumajang,BMKG

Gempa dangkal magnitudo 3,6 di Lumajang terasa di sejumlah daerah

Ilustrasi - Seismograf mencatat kekuatan gempa bumi. (ANTARA/Dok.ANTARA Biro NTT)

Jakarta (ANTARA) -
Gempa dangkal dengan magnitudo 3,6 melanda Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dan getarannya terasa di beberapa daerah, Sabtu, sekitar pukul 00.21 WIB
 
Dalam keterangan resmi BMKG, lokasi gempa berada di 8,16 lintang selatan dan 113,10 bujur timur atau pusat gempa berada di darat 14 kilometer barat daya Lumajang, dengan kedalaman 10 kilometer.
 
Getaran gempa dirasakan di daerah Pasirian, Pronojiwo, Sendopuro, Candipuro, dan Pasrujambe dengan skala III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI).
 
Menurut BMKG skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian.
 
Dalam skala II, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III, getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.
 
Skala IV, gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah serta ditandai antara lain jendela atau pintu berderik dan dan dinding berbunyi.
 
Pada skala V, getaran dirasakan hampir semua orang ditandai dengan barang terpelanting, tiang, dan barang besar bergoyang.