Kapolri minta pengelola objek wisata terapkan protokol kesehatan

id kapolri jenderal listyo, listyo sigit prabowo, mabes polri, libur idul fitri, idul fitri 2022, pengendalian COVID-19

Kapolri minta pengelola objek wisata terapkan protokol kesehatan

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyapa pengunjung objek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (5/5/2022). ANTARA/HO-Divisi Humas Polri

Tolong juga disiapkan, aturan terkait protokol kesehatan, sehingga antara pengunjung dan lokasi yang dikunjungi sama-sama saling mengingatkan bahwa prokes tetap harus kita laksanakan sampai dengan saat ini, ujarnya

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meminta pengelola objek wisata dan jajarannya di seluruh Indonesia untuk mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan kepada pengunjung dalam rangka mengendalikan laju COVID-19 pada momen Idul Fitri 2022.

Instruksi tersebut disampaikan Kapolri saat meninjau langsung kesiapan penerapan protokol kesehatan libur Lebaran di objek wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Kabupaten Badung, Bali.

"Dalam kesempatan ini saya selalu mengingatkan, agar masyarakat tetap menjaga dan melaksanakan protokol kesehatan, utamanya memakai masker. Demikian juga seluruh lokasi-lokasi wisata yang menjadi kunjungan masyarakat," kata Sigit dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kepada seluruh pengelola tempat wisata, Sigit juga meminta untuk menyiapkan strategi serta aturan penerapan protokol kesehatan kepada wisatawan.

Demikian pula kepada seluruh masyarakat, Sigit mengimbau, untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan ketika menghabiskan waktu libur Lebaran 2022, bersama keluarganya.

"Tolong juga disiapkan, aturan terkait protokol kesehatan, sehingga antara pengunjung dan lokasi yang dikunjungi sama-sama saling mengingatkan bahwa prokes tetap harus kita laksanakan sampai dengan saat ini," ujarnya.

Menurut mantan Kabareskrim Polri itu, penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin, merupakan bentuk antisipasi untuk tetap bisa melakukan pengendalian terhadap laju pertumbuhan COVID-19 setelah Idul Fitri 2022.

Terlebih di area wisata yang masa libur lebaran akan terus didatangi pengunjung sampai akhir pekan ini, diprediksi pengunjung meningkat layaknya hari normal sebelum pandemi COVID-19.

"Tentunya ini juga, di wilayah-wilayah lain kami juga memperkirakan terjadi hal yang sama. Karena itu kami tidak bosan-bosan untuk mengingatkan terkait masalah prokes yang harus selalu kita jaga. Sehingga laju COVID-19, setelah ini tetap bisa kita kendalikan," ucap Sigit menegaskan.