Dinkes Bandarlampung terjunkan tenaga kesehatan di Terminal Rajabasa

id Lampung,Dinkes,Bandarlampung,Mudik

Dinkes Bandarlampung terjunkan tenaga kesehatan di Terminal Rajabasa

Pemudik yang turun di Terminal Induk Rajabasa, Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung. Rabu, (27/4/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) -
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandarlampung akan menerjunkan tenaga kesehatan (nakes) di Terminal Induk Rajabasa, Lampung pada H-4 Lebaran guna melayani kesehatan pemudik yang turun di terminal itu.

"Nanti nakes tersebut akan di tempatkan di posko yang telah disediakan di sana. Posko tersebut akan dibuka hingga 8 Mei mendatang," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kadinkes Desti Mega Putri, di Bandarlampung, Rabu.

Ia menjelaskan posko tersebut nantinya selain membuka pelayanan vaksinasi untuk masyarakat juga akan memberikan layanan P3K bagi pemudik di Terminal Induk Rajabasa.

Ia mengatakan tenaga kesehatan yang disiapkan tersebut guna memastikan kesehatan pemudik, sehingga mereka dapat aman dalam perjalanan menuju rumahnya.

"Kalau untuk nakes kami pastikan cukup untuk membackup di posko di terminal," kata dia.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat yang melakukan mudik untuk memperhatikan kesehatannya. Pemudik juga bisa memanfaatkan posko kesehatan yang disiapkan pemerintah termasuk yang berada di Terminal Rajabasa.

"Para pemudik tetap harus mengutamakan keselamatan dan kesehatan, agar tidak ada kendala selama perjalanan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Terminal Induk Rajabasa, Lampung, Harri Indarto mengatakan bahwa pihaknya telah berkirim surat ke Dinkes Bandarlampung guna menepatkan tenaga kesehatan di Terminal Rajabasa.

"Posko kesehatan sudah kami sediakan dan kami juga sudah berkirim surat ke dinas terkait untuk menempatkan nakesnya, tapi hingga kini memang belum ada yang di tempatkan di sini, maka kita tunggu saja," ujarnya.