Dompet Dhuafa gelar latihan gabungan bersama relawan nasional

id Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa gelar latihan gabungan bersama relawan nasional

Dompet Dhuafa gelar latihan gabungan bersama relawan nasional

Dompet Dhuafa gelar latihan gabungan bersama relawan nasional. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Relawan itu tidak bisa bergerak sendiri, harus saling terkoneksi satu sama lain.
Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Disaster Management Centre (DMC) Dompet Dhuafa menyelenggarakan latihan gabungan para relawan nasional, di Hopeland Camp, Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jumat.

Kegiatan yang disebut sebagai kolabor aksi ini, bertujuan merekatkan simpul-simpul kerelawanan agar dapat saling membantu ketika beraksi di lapangan.

“Relawan itu tidak bisa bergerak sendiri, harus saling terkoneksi satu sama lain dengan lembaga agar dapat efektif membantu penyintas saat kebencanaan,” ujar Ustaz Ahmad Shonhaji, Direktur Dakwah Budaya dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa.

Kegiatan itu diikuti oleh 160 relawan dari berbagai instansi dan kelompok relawan mahasiswa, dengan lokasi di Hopeland Camp serta ketinggian berkisar 1.000 mdpl, dengan medan pegunungan dan jalur semi offroad.

“Pemilihan lokasi di Hopeland Camp karena cocok untuk kegiatan dan simulasi kebencanaan di sini, serta  medan bergerak bagi para relawan untuk merasakan di daerah bencana, ada hutan dengan jalan tanah dan jalan berbatu yang menantang," ujar Ahmad Shonhaji menambahkan.

Rangkaian kegiatan dengan kolaborasi relawan di tahun 2022, akan berlangsung selama tiga hari, dengan berbagai materi penilaian seperti offroad, first aid, keterampilan ambulans, evakuasi ketinggian, navigasi darat, hingga water rescue.

Ahmad Riyadi atau yang disapa Kelink sebagai Ketua Penyelenggara mengatakan, dari hasil latihan gabungan akan dibuat rencana keberlanjutan dengan aksi pelatihan  lebih kompleks agar dapat memberikan edukasi, informasi dan motivasi para relawan.


Tentang Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
Baca juga: IMZ gelar pelatihan online analisis kelayakan mustahik
Baca juga: Dompet Dhuafa Jawa Timur gagas Sekolah Ternak