Penggunaan internet Telkomsel naik selama ajang MotoGP Mandalika

id motogp,telkomsel,mandalika,penggunaan internet,lalu internet,internet mandalika,internet motogp,internet telkomsel

Penggunaan internet Telkomsel naik selama ajang MotoGP Mandalika

Telkomsel menghadirkan humanoid robot di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/HO-Telkomsel) (1)

Jakarta (ANTARA) - Operator seluler Telkomsel, anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Telkom Indonesia, mencatat kenaikan lalu lintas layanan internet broadband selama ajang balap MotoGP 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada 18-20 Maret.

"Telkomsel memastikan seluruh penguatan infrastruktur dan teknologi jaringan terdepan yang telah dihadirkan di Mandalika selama gelaran MotoGP 2022, akan terus dilanjutkan dan semakin diperkuat, terutama di seluruh wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat," kata Direktur Jaringan Telkomsel, Nugroho dikutip dari siaran pers, Kamis.

Selama tiga hari gelaran balap motor tersebut, lalu lintas internet broadband Telkomsel naik hingga 96 persen dibandingkan hari biasa. Total payload lalu lintas komunikasi melebihi 297TB pada periode 18-20 Maret.

Lonjakan yang sangat tinggi juga terjadi untuk layanan 5G, payload lalu lintas sekitar 7.815 persen.

Selama MotoGP 2022, menurut catatan Telkomsel, lebih dari 76 ribu pelanggan Telkomsel dari berbagai daerah datang ke Kabupaten Lombok Tengah, tempat acara berlangsung.

Sementara itu, wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia dan menggunakan kartu Telkomsel Prabayar Tourist mendorong pertumbuhan pengguna 4G mereka hingga 123 persen dan 5G 3.900 persen.

Sebelum acara berlangsung, Telkomsel sudah melakukan optimalisasi jaringan internet dengan memperkuat kapasitas jaringan di 382 menara base transceiver station (BTS) 4G di Nusa Tenggara Barat, untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas komunikasi.

Termasuk dalam jumlah tersebut, terdapat 16 menara BTS tambahan yang dibangun untuk melayani sejumlah titik di kawasan Sirkuit Internasional Mandalika dan Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul-Madjid-Lombok.

Khusus di kawasan Sirkuit, Telkomsel mengerahkan 11 BTS 4G bergerak.

Selama gelaran MotoGP 2022 Mandalika, Telkomsel juga mencatat lebih dari 30.000 wisatawan mancanegara menggunakan layanan roaming.

Telkomsel mendapatkan izin sementara dari pemerintah untuk menggelar 5G di frekuensi 3.500MHz dan milimeterwave 26GHz, yang digunakan untuk pameran 5G di kawasan Sirkuit Internasional Mandalika.