Ketua PN Tanjungkarang di arak menggunakan adat Lampung usai pelantikan

id Pn tanjungkarang, pelantikan ketua pn tanjungkarang, arak-arakan ketua pn tanjungkarang

Ketua PN Tanjungkarang di arak menggunakan adat Lampung usai pelantikan

Prosesi arak-arakan adat Lampung usai pelantikan Ketua PN Kelas IA Tanjungkarang, Bandarlampung. (ANTARA/DAMIRI)

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Pengadilan Tinggi, Mochamad Djoko memimpin pelantikan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kelas I Tanjungkarang, Bandarlampung dari Dadi Rachmadi kepada Syamsul Arief, Rabu.

Mantan Ketua PN Tanjungkarang, Dadi Rachmadi mendapat jabatan barunya sebagai Wakil Ketua PN Bekasi Kelas IA Khusus. Sedangkan Ketua PN Tanjungkarang diisi oleh Syamsul Arief yang sebelumnya menjabat sebagai wakil Ketua PN Tanjungkarang.

Humas PN Kelas IA Tanjungkarang, Bandarlampung, Hendri Irawan mengatakan, untuk jabatan Wakil Ketua PN Tanjungkarang sendiri diisi oleh Lingga yang sebelumnya dari PN Jakarta Timur.

"Hari ini prosesi pelantikan sudah dilaksanakan di PT, dan PN kita melakukan pisah sambut," katanya di Bandarlampung, Rabu.

Dia melanjutkan usai pelantikan di PT, Syamsul Arief disambut oleh seluruh pegawai dan hakim di PN Tanjungkarang melalui prosesi adat Lampung berupa arak-arakan serta silat.

Pihaknya menggunakan prosesi adat Lampung dalam rangka untuk menonjolkan tradisi budaya adat Lampung serta kearifan lokal.

"Kita sengaja menyambut Ketua PN Tanjungkarang yang baru ini menggunakan adat Lampung dan ini pertama kalinya dilakukan di PN Tanjungkarang. Tujuan ini tak lain kita lakukan untuk menunjukkan budaya adat Lampung yang kita miliki," kata dia.

Hendri menambahkan, Ketua PN Tanjungkarang Bandarlampung, Syamsul Arief memberikan arahan kepada seluruh pegawai dan hakim agar selalu memberikan keadilan kepada masyarakat yang mencari keadilan.

Selain itu, ia juga juga mengarahkan agar terus berkarya dan bekerja dengan baik sesuai dengan arahan sehingga PN Tanjungkarang dapat menuju zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

"Ada banyak arahan dari Pak Ketua Syamsul Arief, di antaranya bekerja, berkarya, WBK, dan WBBM. Beliau juga mengarahkan agar selalu kompak dalam bekerja sehingga dapat menuju zona integritas dan meraih WBK dan WBBM," tambahmya.