Sultan Ternate ke-49 lantik dua pejabat tinggi kesultanan

id ternate,kesultanan ternate

Sultan Ternate ke-49 lantik dua pejabat tinggi kesultanan

Sultan Ternate ke-49 Hidayatullah Sjah melantik dan mengukuhkan dua jabatan tertinggi dalam perangkat kesultanannya untuk mengatur pemerintahan dan keagamaan bagi massa adat setempat. (ANTARA/Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Sultan Ternate ke-49 Hidayatullah Sjah melantik dua pejabat tinggi dalam perangkat kesultanan di Maluku Utara itu untuk mengatur pemerintahan dan keagamaan bagi massa adat setempat.

"Dua jabatan perangkat Kesultanan Ternate yang dilantik yakni Jo Kalem dan Jogugu adalah dua jabatan tertinggi di Kesultanan Ternate dan jabatan Jo Kalem diberikan ke Hidayatussalam Sehan dan Mahmud Zulkiram sebagai Jogugu Kesultanan Ternate," kata Hidayatullah Sjah di Ternate, Jumat.

Pelantikan digelar di Kedaton Kesultanan Ternate, Jumat (11/02) pagi itu dihadiri sejumlah perangkat adat, unsur pemerintahan, hingga TNI-Polri.

"Dari sisi penguatan keagamaan dan pemerintahan mudah-mudahan keduanya bisa melaksanakan tugasnya," ujarnya.



Jogugu yang mewakili Bobato Dunia, diharapkan mampu saling bersinergi dengan pemda untuk menjembatani berbagai persoalan di lingkup masyarakat.

"Baik masalah tanah, maupun masalah-masalah yang bisa berdampak pada masyarakat. Bapak-bapak TNI-Polri juga harus menjadi penyejuk bagi rakyat," katanya.

"Saya berharap mereka mampu berdampingan dengan saya, Bobato 18, Fanyira, Kapita, Komisi Ngaruha, mengatasi berbagai persoalan yang berkembang saat ini," tambahnya.

Beberapa waktu lalu, Hidayatullah bersama sejumlah perangkat adat menyambangi Mufti Kesultanan Ternate, Al Habib Abu Bakar bin Hasan Al Attas Az Zabidi, di kediamannya.

Dalam kesempatan itu, kata Hidayatullah, terdapat 3 poin penting yang disampaikan Mufti. Pertama, penguatan dari sisi kekeluargaan.



"Kedua, penguatan dari sisi aset-aset Kesultanan Ternate. Dan ketiga, penguatan dari sisi religius itu sendiri," katanya.

Oleh karena itu, ke depan para perangkat Bobato bakal melaksanakan silaturahmi ke sejumlah masjid di Ternate.

"Agar tercipta dinamika yang agamis, tanpa melupakan kultur yang terpelihara ratusan tahun lamanya, dalam penguatan pada aspek hablumminannas," pungkasnya.

Tuli Lamo Kesultanan Ternate, Irwan Abdul Gani, mengatakan pelantikan Jo Kalem dilaksanakan di kamar puji, sebuah ruangan yang sangat disakralkan di Kedaton.

Karena menurut Irwan, Jo Kalem adalah milik sultan. "Rahasianya tempat duduk sultan, maka harus diambil sumpahnya di kamar puji," ucapnya.

Irwan menjelaskan, Jo Kalem adalah imam besar di Kesultanan Ternate dan statusnya mengepalai perangkat Bobato Akhirat yang mengurus perihal keagamaan, sedangkan jabatan Jogugu berkaitan dengan urusan pemerintahan.