Dompet Dhuafa dan KPEI hadirkan air bersih untuk warga Cikawari Atas

id Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa Jawa Barat Bekerjasama PT KPEI hadirkan pipanisasi air untuk warga Cikawari Atas

Dompet Dhuafa dan KPEI hadirkan air bersih untuk warga Cikawari Atas

Dompet Dhuafa Jawa Barat Bekerjasama PT KPEI hadirkan pipanisasi air untuk warga Cikawari Atas. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Jawa Barat (ANTARA) - Dompet Dhuafa Jawa Barat bekerja sama dengan PT KPEI (Kliring Penjaminan Efek Indonesia) menyediakan air bersih untuk warga Cikawari Atas. Wilayah itu mengalami kesulitan air sejak pembangunan pemukiman  gencar dilakukan.

Sedang akses warga terhadap air sangat jauh yaitu sekitar 2 kilometer dari sumber mata air. Permasalahan baru hadir akhir-akhir ini, masyarakat kembali mengalami kesulitan mendapatkan air karena sumber mata air dapat dikuasai oleh perorangan.

Kawasan Cikawari Atas memang masuk ke dalam dataran tinggi hijau dan dingin di Bandung. Selain itu Cikawari Atas juga memiliki debit air yang banyak, namun air tersebut tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Mengingat air mengalir ke wilayah perkotaan,  kata Aca Sujana selaku Penanggung Jawab Program Dompet Dhuafa Jawa Barat disela-sela acara, Rabu (20/1).

“Kebutuhan air yang sangat banyak dan mendesak terutama untuk mereka yang menggantungkan hidup dari sektor pertanian.” 

Pipanisasi ini telah mengalirkan air sejauh 2 kilometer dari sumber mata air. 

Dengan adanya pipanisasi, sebanyak 100 kepala keluarga yang berada di Kampung Cikawari Atas dapat mengakses air dengan mudah.

 

Tidak hanya oleh tim Dompet Dhuafa, peresmian pipanisasi dan renovasi bangunan MCK yang dilaksanakan di Masjid Jami’ Al Khofifah Kampung Cikawari Atas RW.09, kali ini juga dihadiri oleh pihak donor yaitu PT KPEI.

“Kami sangat senang karena dana CSR perusahaan kami dapat memberikan manfaat yang baik dan banyak kepada masyarakat. Mengingat sedekah yang paling baik adalah sedekah air. Semoga berkah dan bermanfaat.” Ucap Reynant selaku perwakilan dari PT KPEI.

TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR. (INF)