Pemerintah bagikan informasi soal G20 Indonesia lewat berbagai kanal

id Kementerian Kominfo, G20 Indonesia, Presidensi G20, G20

Pemerintah bagikan informasi soal G20 Indonesia lewat berbagai kanal

Pengendara motor melintas di samping logo Presidensi G20 Indonesia 2022 di Bundaran HI, Jakarta, Jumat (21/1/2022). . ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.v (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membagikan informasi terkini terkait penyelenggaraan pertemuan G20 di Indonesia melalui berbagai kanal atau saluran yang bisa diakses oleh masyarakat sepanjang tahun ini.

Mulai dari persiapan situs khusus hingga meluncurkan buku elektronik yang diperbaharui secara berkala menjadi cara Kementerian Kominfo untuk memberikan kabar terbaru untuk masyarakat.

"Distribusi publikasi juga dilakukan melalui placement iklan masyarakat yang dibagikan melalui radio, televisi, billboard serta unggahan media sosial. Kementerian Kominfo juga tengah menyusun Panduan Komunikasi G20 Presidensi Indonesia dan mengembangkan situs resmi G20.org," ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi kepada ANTARA dikutip, Sabtu.

Selain melalui iklan layanan masyarakat, tentunya masyarakat juga bisa mengakses berita dan informasi terbaru tentang G20 melalui publikasi yang telah dilakukan di media- media arus utama baik media cetak, TV, maupun daring.

Tidak hanya itu, ada juga kanal publik yang berisi informasi lainnya selain G20 untuk memenuhi kebutuhan informasi dari sumber terpercaya dan masyarakat bisa mengaksesnya melalui situs web infopublik.id.

Tak tertinggal ada juga buku elektronik yang baru diluncurkan pekan ini oleh Kementerian Kominfo yang berisikan informasi menarik seputar G20 mulai dari sejarah hingga saat ini bagaimana Indonesia memegang Presidensi G20 2022 yang kini dikenal sebagai G20pedia.

"Buku Elektronik G20pedia dapat menjadi sumber informasi terkait Presidensi G20 bagi masyarakat, dan Standar Layanan Media sebagai referensi bagi Kementerian/Lembaga dalam melakukan penanganan media yang mendapat akses peliputan kegiatan G20. Buku Elektronik G20pedia dapat diakses melalui http://linktr.ee/g20pedia," kata Dedy.

Dalam G20, peran Kementerian Kominfo difokuskan untuk menjadi penyedia informasi dan memastikan infrastruktur serta jaringan untuk pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia berjalan dengan lancar serta optimal.

Pada G20 2022, Indonesia memiliki momen penting karena selain pertama kalinya menjadi tuan rumah untuk ajang bergengsi ini.

Indonesia juga menjadi negara berkembang pertama yang memimpin perkumpulan negara- negara yang akan berdampak pada kebijakan ekonomi dan sosial secara global itu.

Puncak G20 akan berlangsung di Bali tepatnya lewat KTT G20 yang akan dihelat sekitar Oktober 2022.