Luhut: Atur sebaik mungkin alur perjalanan jamaah umrah

id jamaah umrah, luhut binsar pandjaitan, pemberangkatan umrah satu pintu, menteri agama

Luhut: Atur sebaik mungkin alur perjalanan jamaah umrah

Ilustrasi - Sejumlah calon jamaah umrah berjalan sebelum menaiki pesawat di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/1/2022). ANTARA FOTO/Fauzan/aww.

Saya minta kapasitas dan kelayakan hotel serta wisma haji dapat dipastikan dengan baik, diatur kedatangan antarkloter agar tidak terjadi penumpukan, katanya

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar alur keberangkatan dan kedatangan jamaah umrah bisa diatur sebaik mungkin menyusul peningkatan jamaah di tengah merebaknya varian Omicron.

"Saya minta kapasitas dan kelayakan hotel serta wisma haji dapat dipastikan dengan baik, diatur kedatangan antarkloter agar tidak terjadi penumpukan," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Luhut yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) dalam Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM Jawa Bali bersama seluruh Gubernur Jawa Bali dan Forkimpimda, Kamis (20/1) menyampaikan permintaan itu kepada Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sebelumnya, Kementerian Agama tetap memberangkatkan jamaah umrah dari Indonesia meskipun kasus COVID-19 Omicron dari luar negeri seperti Arab Saudi mendominasi.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan proses keberangkatan umrah akan tetap menggunakan skema pemberangkatan satu pintu (One Gate Policy), berkaca pada kasus penularan COVID-19 yang dialami tim pendahulu (Advance) sepulang dari Arab Saudi.