Wali Kota Bandarlampung larang ASN keluar daerah untuk cegah Omicron

id Lampung,Bandarlampung,Wali Kota,COVID-19,Vaksinasi,Omicron

Wali Kota Bandarlampung larang ASN keluar daerah untuk cegah Omicron

Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana, saat dmintai keterangan. Rabu, (19/1/2022). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana melarang Aparatur Sipil Negara (ASN)  di lingkungan pemkot berpergian ke luar daerah Lampung guna mencegah masuknya COVID-19 varian Omicron ke daerah itu.
 
"Kalau tidak penting amat, ASN tidak boleh keluar kota apalagi sekarang Omicron sedang menanjak jumlah kasusnya di luar daerah Lampung," kata Wali Kota Eva Dwiana, di Bandarlampung, Rabu.

Namun begitu, lanjut dia, pemkot telah menyiapkan antisipasi meminimalkan masuknya varian Omicron ke Bandarlampung, salah satunya dengan melakukan percepatan vaksinasi COVID-19, termasuk "booster".

"Saya juga harap Pemerintah Pusat dan Provinsi Lampung memberikan vaksin tambahan ke Bandarlampung, sehingga masyarakat dapat tervaksinasi seluruhnya," kata dia.

Kemudian, terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Bandarlampung yang naik menjadi level 2, ia mengakui hal tersebut dikarenakan ada beberapa warganya yang terpapar COVID-19 dalam beberapa hari terakhir.

"Sejauh ini kita sudah bekerja luar biasa, tapi ini di luar dugaan kita ternyata ada beberapa orang yang terpapar COVID-19, inilah yang menyebabkan level PPKM di Bandarlampung naik," ujarnya.

Wali Kota itu pun menjelaskan bahwa beberapa warganya yang terinfeksi COVID-19 karena mereka melakukan kunjungan ke luar daerah.

"Maka itu sekali saya tekankan betul ASN Pemkot Bandarlampung tidak boleh keluar daerah untuk sekarang, kecuali ada kepentingan mendesak akan diperbolehkan tapi dengan persyaratan dan izin dari kepala dinasnya," ujarnya.

Ia pun meminta kerja sama kepada seluruh elemen masyarakat agar ketat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) agar level PPKM di Kota Bandarlampung turun lagi.

"Kami akan terus bekerja agar level PPKM berubah dan masuk kota ini masuk zona aman serta vaksinasi ditingkatkan juga, begitu juga sosialisasi prokes," kata dia