DMC Dompet Dhuafa bantu masyarakat terdampak gempa di Banten

id Dompet dhuafa

DMC Dompet Dhuafa bantu masyarakat terdampak gempa di Banten

DMC  Dompet Dhuafa bantu masyarakat terdampak gempa di Banten. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Banten (ANTARA) - Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa telah melakukan berbagai layanan respons kebencanaan di Kampung Cisaat, Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. 

Mulai dari Dapur Umum yang mampu memproduksi makanan untuk 80 penerima manfaat dan membagikan bantuan logistik sebesar 25 paket yang berisi daging kemasan dan higiene kit, produksi 100 makanan pendamping ASI dan melakukan aksi bersih sisa puing reruntuhan akibat gempa bumi.

Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber oleh DMC Dompet Dhuafa per 17 Januari 2022, gempa bumi yang terjadi pada Jumat lalu (14/1/2022) mengakibatkan dampak kerusakan pada tiga kabupaten, yakni Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Tangerang.

Terhitung sebanyak 1.618 rumah rusak ringan, 518 rumah rusak sedang, dan 395 rumah rusak berat.

DMC Dompet Dhuafa akan terus mengupayakan yang terbaik untuk memberikan layanan terbaik guna membantu penyintas terdampak. 

"Dengan mengikuti arahan masa tanggap darurat yang sudah ditetapkan hingga 27 Januari 2022, DMC Dompet Dhuafa juga akan mendata keperluan penyintas terdampak guna menghadirkan program-program pemulihan pasca-bencana,” terang Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa melalui keterangannya pada Selasa (18/01/2022). 

Di Kabupaten Pandeglang sendiri ada 30 kecamatan, 163 desa ikut terdampak. 

Sebanyak 43 sekolah, 10 puskesmas, 14 sarana ibadah, 3 tempat usaha, dan  3 kantor pemerintah terkena imbas gempa bumi.

Sedangkan di Kabupaten Lebak terdapat 19 kecamatan, 55 desa terkena serangan getaran gempa bumi dan mengakibatkan 8 sekolah, 6 sarana ibadah serta satu kantor desa juga terdampak.

Kemudian ada 4 kecamatan dan 5 desa terdampak di Kabupaten Serang. 

Terhitung terdapat 12 jiwa yang mengalami luka ringan. Lalu ada 2 kecamatan, dua 2 desa yang terdampak di Kabupaten Tangerang.

“Saat terjadinya gempa, kala itu saya sedang makan. Ketika terjadi gempa, sontak saya membawa anak dan istri saya keluar lalu menyelamatkan warga lainnya,” Cecep salah satu penyintas asal Kampung Cisaat.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh DMC Dompet Dhuafa,”tutupnya.

TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.