Giat Voluntrip Round 3 bagi masyarakat Pesisir

id Dompet Dhuafa, Giat Voluntrip Round 3 bagi masyarakat Pesisir

Giat Voluntrip Round 3 bagi masyarakat Pesisir

Giat Voluntrip Round 3 bagi masyarakat Pesisir. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Alhamdulillah lumayan ramai kegiatan ini ada 50 mahasiswa di antaranya 20 relawan laki-laki dan 30 relawan perempuan dari berbagai Universitas, seperti, UINSU, USU, UISU, Universitas Medan Area (UMA) dan ada Yayasan Sumatera Utara, katanya
Sumatera Utara (ANTARA) - Dompet Dhuafa Waspada melalui Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Sumatera Utara kembali hadir mengadakan Voluntrip Round 3 di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Minggu lalu (16/1). 

Pada kegiatan voluntrip ini puluhan mahasiswa dari berbagai universitas asal Kota Medan ini ikut serta menggelar Voluntrip Round 3 bertemakan "Sehatkan Indonesia".

Rahmad Nur Munthe, ketua panitia mengatakan, ada sebanyak 50 mahasiswa-mahasiswi hadir di sini. 

“Alhamdulillah lumayan ramai kegiatan ini ada 50 mahasiswa di antaranya 20 relawan laki-laki dan 30 relawan perempuan dari berbagai Universitas, seperti, UINSU, USU, UISU, Universitas Medan Area (UMA) dan ada Yayasan Sumatera Utara," katanya.

Rahmad juga menjelaskan tentang bagaimana kegiatan voluntrip yang digelar sejak 14-16 Januari 2022 selama tiga hari dua malam. 

"Voluntrip adalah gabungan dua kata Volunteer dan Trip. Jadi ada dua agenda yang kita lakukan, pertama menggelar kegiatan sekolah ceria, membentuk perpustakaan mini, kegiatan Desa Cantik, aksi layanan sehat, dan berbagi tools-kit di sekolah kemudian nanti ditutup dengan dengan berwisata," katanya.

Rahmad juga mengatakan alasannya mengapa memilih Bagan Kuala sebagai lokasi dilakukannya voluntrip round 3.

“Selain dari masyarakat Bagan Kuala yang antusias kami melakukan Voluntrip di sini karena dekat dengan Wisata Pulau Berhala, yang mana tujuan trip kami ke Pulau Berhala, " ucap Rahmad Nur Munthe.

Kepala Desa Bagan Kuala, Safril, mengatakan, kehadiran puluhan mahasiswa berbagai Universitas ke Desa Bagan Kuala ini, membawa nama baik desanya.

“Atas kunjungan mahasiswa, pihaknya sangat terharu dan bangga. Walaupun Desa Bagan Kuala ini jauh di ujung pesisir pantai namun, mahasiswa menyempatkan berkunjung ke Desa Bagan Kuala, dan ini menjadi PR buat kami,” ucapnya.

Sementara itu, Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman, yang turut hadir pada pembukaan acara tersebut mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga yang telah menyambut kedatangan teman-teman relawan dengan baik.

"Sekitar tahun 2019 kami pernah hadir di desa Bagan Kuala ini dalam Program Aksi Layanan Sehat, kini kami hadir kembali dengan sambutan yang luar biasa dari seluruh warga, kami sangat terharu," jelas Sulaiman.

Sulaiman juga menyampaikan harapan agar melalui kegiatan ini menyisakan kenangan baik untuk warga. 

"Semoga kami bisa diterima di desa ini dan bisa terus menjalin silaturahmi dengan warga Desa," katanya.

Sekilas tentang voluntrip ini merupakan kegiatan yang berasal dari program turunan Dompet Dhuafa Waspada di bidang Sosial Kemanusiaan. Pada program Sosial Kemanusiaan Dompet Dhuafa Waspada memiliki Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) yang memang secara sukarela mengabdi pada masyarakat.

Selain pada program Sosial Kemanusiaan, utamanya Dompet Dhuafa Waspada juga memiliki program di bidang lainnya yakni program ekonomi, program pendidikan , program dakwah, dan program kesehatan. 

Dompet Dhuafa Waspada sendiri merupakan sebuah lembaga filantropi Islam yang bergerak dalam menghimpun dan menyalurkan dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) di provinsi Sumatera Utara.

TENTANG DOMPET DHUAFA
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.